Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Presiden Ukraina Sebut Warganya Tewas Akibat Kelemahan NATO

Sabtu, 05 Mar 2022 - 11:53 WIB
Penulis : Willi Nafie
Editor : Ibnu Naufal
Presiden Ukraina Sebut Warganya Tewas Akibat Kelemahan NATO

Para pemimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) menolak menetapkan zona larangan terbang atas pesawat-pesawat Rusia di Ukraina. Keputusan tersebut membuat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sangat kecewa karena NATO terkesan membiarkan militer Rusia melakukan pembunuhan terhadap warganya.

“Semua orang yang mati, mulai hari ini, juga yang akan mati itu karenamu. Karena kelemahanmu, karena pemutusan hubunganmu,” kata Zelensky seperti dilansir BBC, Sabtu (5/3/2022).

Menurutnya  KTT NATO  yang berlangsung pada Jumat (4/3/2022) selain membingungkan juga lemah. Padahal sudah jelas bahwa semua badan intelijen negara-negara NATO menegaskan Rusia ingin terus melanjutkan serangan.

“KTT NATO berlangsung hari ini, KTT yang lemah, KTT yang membingungkan. KTT yang menunjukkan bahwa tidak semua orang menganggap perjuangan untuk kebebasan Eropa sebagai tujuan nomor satu,” ucapnya.

Baca juga
Jangan Hanya Ukraina, Dunia juga Harus Bela Palestina

NATO terkesan memberikan lampu hijau untuk pemboman lebih lanjut di kota-kota dan desa-desa Ukraina.

“NATO dengan sengaja memutuskan untuk tidak menutup langit di atas Ukraina. Negara-negara NATO menciptakan narasi bahwa menutup langit di atas Ukraina akan memprovokasi agresi langsung Rusia terhadap NATO. Faktanya mereka memiliki senjata berkali-kali lebih kuat dari kita,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar