Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Preview Belanda vs Amerika Serikat: Saling Intip Kekuatan

Sabtu, 03 Des 2022 - 12:59 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Belanda vs Amerika Serikat
Frenkie de Jong menghadapi Pedro Miguel dari Qatar saat pertandingan Grup A antara Belanda dan Qatar di Stadion Al Bayt. (Foto: Gettyimages)

Saling mempelajari permainan lawan jadi hal penekanan pada timnas Belanda dan Amerika Serikat. Pola permainan yang cenderung pragmatis sepertinya bakal tetap diusung Belanda menghadapi Amerika Serikat yang sulit ditebak dalam laga 16 besar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Sabtu (3/12/2022).

”Tentu, kami lebih suka bermain menyerang, menang 5-0 setiap laga, dan menjadi juara. Namun, mewujudkannya tidak sesederhana itu. Apalagi mula fase gugur, tidak penting lagi bagaimana cara untuk menang. Bahkan, jika perlu melalui penalti. Saya tidak keberatan menjadi juara dunia tanpa bermain indah,” ujar gelandang Belanda, Marten de Roon, Mengutip ESPN, Jumat (2/12/2022).

Permainan Belanda pada Piala Dunia ini banyak mengundang kritikan. Memang, tim ”Oranje” bisa keluar sebagai juara Grup A dengan 7 poin dari tiga laga. Namun, mereka tidak menunjukkan kapasitasnya sebagai tim elite dunia sepanjang laga penyisihan tersebut.

Belanda sedikit beruntung mendapatkan dua gol terlambat saat bisa menang 2-0 atas Senegal di laga pembuka.

Ketika imbang 1-1 dengan Ekuador pada laga kedua, Virgil van Dijk dan kawan-kawan tidak lebih baik. Bahkan, mereka lebih banyak terancam oleh serangan cepat Ekuador di pengujung laga.

Baca juga
Menkes Ungkap Kasus Pertama Varian Omicron Terdeteksi dari Pekerja Pembersih di Wisma Atlet

Pada laga pamungkas, Belanda tidak mengesankan saat menang 2-0 atas Qatar, yang secara level permainan dan komposisi pemain jauh di bawah mereka.

”Kami sedang mencari (bentuk permainan), itu jelas. Kami berharap bisa menjadi lebih, kami semua berharap demikian. Namun, yang penting tujuan pertama kami tercapai, bisa lolos ke babak berikutnya,” kata De Roon.

Terlepas dari itu, Belanda tidak mau meremehkan Amerika Serikat. Walau tidak memiliki sejarah kuat di Piala Dunia, Amerika Serikat tetap bisa mengancam. Apalagi tim berjuluk ”The Yanks” itu mampu mendampingi Inggris lolos dari fase Grup B dengan menyingkirkan Iran dan Wales.

Gettyimages 1245235231 612x612 - inilah.com
Pemain Belanda mengikuti sesi latihan di lapangan Qatar University, Doha, Qatar, Jumat (2/12/2022). 

”Saya tahu dari pengalaman bahwa bertanding melawan negara-negara seperti Amerika Serikat dan Australia selalu sangat sulit. Mereka sangat fanatik dan tajam. Delapan tahun lalu, kami hanya menang tipis 3-2 atas Australia di penyisihan grup,” ujar Van Gaal yang menjalani periode ketiga menukangi Belanda.

Baca juga
Gubernur Anies Gelar Pertemuan dengan Puluhan Pimpinan Ormas

Ancaman Amerika Serikat

Sementara itu, pelatih Amerika Serikat Gregg Berhalter mengaku akan memanfaatkan pengalamannya bermain dan melatih di Belanda.

Mantan pemain timnas AS itu memang pernah bermain untuk klub Belanda PEC Zwolle dan Sparta Rotterdam serta Cambuur Leeuwarden selama 18 tahun berkarir sebagai pemain sepak bola.

“Jika saya tidak berada di Belanda, saya rasa saya tidak akan memiliki latar belakang yang sungguh membantu saya dalam mengembangkan pemikiran saya,” kata Berhalter seperti dikutip Reuters.

Berhalter jelas ingin AS merasakan kembali atmosfer perempat final Piala Dunia setelah terakhir kali dirasakan tim ini pada edisi 2002.

Gettyimages 1445546722 612x612 - inilah.com
Sergino Dest. (Foto: Gettyimages )

AS memang berada pada posisi underdog dalam laga melawan finalis tiga Piala Dunia itu, tapi Berhalter senang menghadapi Belanda yang secara umum tidak tampil terlalu bagus selama fase grup.

Berhalter bukan satu-satunya didikan Belanda di kubu Amerika karena masih ada Sergino Dest yang bahkan lahir dan besar dari seorang ibu Belanda dan ayah Suriname-Amerika di Belanda.

Baca juga
Kapolda Metro Lepas Kunker Presiden Jokowi ke Balikpapan

Dest saat ini masih berstatus pemain Barcelona dan tengah dipinjamkan kepada AC Milan. Ia menjadi salah satu pemain yang menjadi andalan Amerika Serikat dalam turnamen Piala Dunia edisi Qatar ini.

Pemenang pertandingan ini akan maju menghadapi Argentina atau Australia dalam perempat final 9 Desember.

Prediksi XI Starting Line Up

Belanda (3-4-3): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virggil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen; Cody Gakpo, Memphis Depay

Amerika Serikat (4-3-3-): Matt Turner; Sergino Dest, Cameron Carter-Vickers, Tim Ream, Antonee Robinson; Weston McKennie, Tyler Adams, Yunus Musah; Timothy Weah, Josh Sargent, Christian Pulisic

Tinggalkan Komentar