Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Preview Ekuador vs Senegal: Duel Dua Sejarah

Selasa, 29 Nov 2022 - 16:24 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Ekuador vs Senegal
Kalidou Koulibaly dan Edouard Mendy saat pertandingan antara Qatar dan Senegal di Stadion Al Thumama pada 25 November 2022 di Doha, Qatar. (Foto: Gettyimages/James Williamson )

Senegal vs Ekuador akan berebut tiket lolos demi sejarah masing-masing pada laga pamungkas Piala Dunia 2022 Grup A di Stadion Internasional Khalifa, Selasa (29/11/2022) nanti malam pukul 22:00 WIB. Senegal bisa lolos pertama kali ke fase gugur sejak terakhir 2002, ketika pelatih saat ini Aliou Cisse, masih bermain untuk timnas. Syaratnya, mereka wajib menang atas Ekuador.

Senegal yang saat ini mengoleksi 3 poin, masih bisa lolos jika laga berakhir imbang. Namun, Qatar harus menang lebih dari dua gol atas Belanda. Yang mana, dilihat dari tren dan kekuatan tim, kemungkinan tersebut akan sangat kecil.

Ekuador, sama seperti Belanda, hanya butuh hasil imbang. Jika berhasil, mereka akan lolos ke 16 besar untuk kedua kali dalam sejarah keikusertaan di Piala Dunia. Adapun Ekuador pertama kali lolos ke babak gugur pada Piala Dunia Jerman 2006.

Baca juga
Neymar Akui Patah Hati Usai Brasil Angkat Koper dari Piala Dunia 2022

Cisse punya kepercayaan lebih terhadap timnya. Tanpa penyerang andalan Sadio Mane yang cedera, skuad “Singa Teranga” akhirnya mampu mencetak gol. Mereka mencetak tiga gol sekaligus ke gawang Qatar yang dicetak pemain berbeda, yaitu Bamba Dieng, Boulaye Dia, dan Famara Diedhiou.

“Namun, kami harus berkonsetrasi lebih baik lagi untuk mencegah kemasukan seperti yang terjadi lawan Qatar. Ekuador akan menjadi lawan yang berbeda,” ucap Cisse yang mengantar Senegal juara Piala Afrika pada awal tahun ini.

Pertahanan Ekuador akan sangat menyulitkan Senegal. Dengan para pemain bertubuh atletis, mereka sangat intens menekan lawan. Alhasil, tim lawan kesulitan masuk ke dekat kotak penalti. Mereka baru menghadapi tujuh tembakan tim lawan selama dua laga di Qatar.

Baca juga
Qatar Jadi Tuan Rumah Pertama yang Kalah dalam Laga Perdana Usai Dibekuk Ekuador 0-2

Enner Valencia begitu tajam di depan. Sang kapten tim sudah mencetak tiga gol hanya dari tujuh tembakan. Valencia yang mencetak enam gol terakhir Ekuador di Piala Dunia, bisa menjadi mimpi buruk bagi Senegal.

Prediksi XI Starting line-up

Ekuador (3-4-3): Hernan Galindez; Jackson Porozo, Felix Torres, Pierro Hincapie; Angelo Preciado, Jehgson Sebaz Mendez, Moises Caicedo, Pervis Estupinan; Gonzelo Plata, Jeremy Sarmiento; Michael Estrada

Senegal (4-4-2): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs; Ismaila Sarr, Nampalys Mendy, Idrissa Gueye, Krepin Diatta; Boulaye Dia, Famara Diedhiou

Tinggalkan Komentar