Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Preview Korea Selatan vs Ghana: Duel Pesakitan, Menang atau Pulang

Senin, 28 Nov 2022 - 15:39 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Para pemain Korea Selatan mengikuti sesi latihan di Al Egla Training Site 5 di Doha pada Sabtu (25/11/2022).(Foto: AFP/Jung Yeon-je)
Para pemain Korea Selatan mengikuti sesi latihan di Al Egla Training Site 5 di Doha pada Sabtu (25/11/2022).(Foto: AFP/Jung Yeon-je)

Bencana badai cedera sedang Korea Selatan rasakan jelang menghadapi Ghana dalam laga kedua Grup H Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Kota Pendidikan, Ar Rayyan, Senin (28/11/2022). Upaya ”Pejuang Taegeuk” untuk mengikuti langkah positif para wakil Asia yang sudah mengemas kemenangan pun tidak akan mudah. Apalagi, walau berperingkat dunia terendah di Piala Dunia ini, Ghana telah menyiapkan rencana untuk menumbangkan raksasa Asia tersebut.

Korea Selatan benar-benar tidak kebal dari sengatan cedera. Usai cedera patah tulang wajah mendera penyerang sekaligus kapten Son Heung-min dan masalah hamstring pemain sayap Hwang Hee-chan jelang Piala Dunia, cedera menghantam barisan pemain belakang selama berada di Qatar.

Petaka itu lebih dahulu bek sayap kiri Kim Jin-su dan bek sayap kanan Yoon Jong-gyu rasakan. Keduanya berjuang melawan masalah hamstring sebelum melawan Uruguay dalam laga pertama Grup H. Namun, dengan bantuan obat penghilang rasa sakit, Kim Jin-su bisa bermain pada laga yang berakhir imbang 0-0 tersebut. Adapun Jong-gyu tetap di bangku cadangan.

Jin-su dilansir kantor berita Korea, Yonhap, Minggu (27/11/2022), mengatakan, dia bukan satu-satunya pemain yang mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. ”Tidak ada seorang pun di sini (tim Korea Selatan) yang bebas dari rasa sakit,” ujar pemain klub Jeonbuk Hyundai Motors tersebut.

Baca juga
Mendag Zulhas Sita 2.735 Ton Produk Hewan Olahan Impor Ilegal Rp120,5 Miliar

Belum beres dengan cedera-cedera itu, bek tengah andalan, Kim Min-jae, terpeleset dan jatuh saat mengejar penyerang Uruguay, Darwin Nunez, di babak kedua. Usai insiden itu, pemain berusia 26 tahun itu merasa kesakitan pada betis kanan. Kendati demikian, dia tetap bermain hingga laga tuntas.

Namun, perjuangan Min-jae harus dibayar mahal. Setelah laga itu, cedera pemain bertinggi 190 sentimeter ini tampaknya kian parah sehingga dia harus menepi latihan dua hari terakhir, Jumat dan Sabtu. Ketika rekan-rekannya berlatih, dirinya tinggal di hotel untuk menjalani perawatan dan istirahat.

Hingga kini, belum ada kepastian apakah Min-jae akan bermain melawan Ghana. Namun, seorang ofisial Korea menjelaskan kepada wartawan di pusat pelatihan Korea, Al Egla Training Site, Doha, bahwa kondisi pemain klub Italia, Napoli, itu tidak serius.

Adapun Min-jae menjelma sebagai mutiara lini belakang baru di persepakbolaan Eropa. Dia menjadi palang pintu tangguh yang membantu Napoli begitu perkasa di Serie A Liga Italia dan Liga Champions musim ini. Makanya, kalau Min-jae absen menghadapi Ghana, itu akan menjadi malapetaka untuk Korea yang sedang berusaha lolos ke fase gugur.

Baca juga
Kroasia Tendang Kanada dari Piala Dunia Qatar 2022

Peluang Ghana

Akan halnya Ghana yang menjadi tim Afrika pertama yang mencetak gol dalam Piala Dunia 2022, seharusnya masuk gelanggang dengan kebanggaan dan kepercayaan diri yang tinggi.

Itu karena saat melawan Portugal itu mereka bermain bagus dan percaya diri, terutama pada babak kedua.

Gettyimages 1245145885 612x612 - inilah.com
Fatawu Issahaku (Tengah) dan rekan satu timnya mengikuti sesi latihan di zona latihan Aspire di Doha pada 27 November 2022, menjelang pertandingan sepak bola Piala Dunia Qatar 2022 antara Korea Selatan dan Ghana. (Foto: AFP/Khaled DESOUKI )

Setelah kalah dari Portugal, Ghana mesti berjuang habis-habisan kalau ingin mengulangi pencapaian debut Piala Dunia mereka pada 2006.

Mereka pun bermimpi bisa kembali melaju ke perempat final seperti 12 tahun silam.

Untuk menahbiskan menyamai prestasi terbaik wakil Afrika, yakni Kamerun pada Piala Dunia Italia 1990 dan Senegal pada Piala Dunia Korea-Jepang 2002.

Ghana mencapai perempat final Piala Dunia 2010 dan mereka tentu saja ingin mengulangi pencapaian itu dalam Piala Dunia Qatar. Guna mewujudkan ini mau tak mau mereka harus mengalahkan Korea Selatan.

Karena jika kalah bukan saja menutup peluang itu, namun juga bisa menjadi pintu untuk angkat koper lebih cepat dari turnamen ini.

Setelah tampil menyedihkan dalam Piala Afrika tahun ini di mana mereka tersingkir pada babak penyisihan grup setelah hanya mengumpulkan satu poin, Ghana berharap menjalankan semua skenario sepak bolanya jauh lebih cerah dan cemerlang.

Baca juga
Resolusi 2023 WhatsApp, Bye Bye iPhone & Android Jadul!

“Sekarang kami harus menang dan kami berada dalam tekanan, tetapi begitu juga mereka,” kata pelatih Ghana Otto Addo seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, Penyerang sekaligus kapten Ghana, Andre Ayew, menekankan, timnya wajib tetap tenang dan rileks sembari meningkatkan performa.

”Kami hanya perlu mencoba mencetak lebih banyak gol dan lebih sedikit kebobolan,” ujar Ayew.

Prediksi starting XI line up:

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Kim Jin-su; Jung Woo-young, Hwang In-beom; Na Sang-ho, Lee Jae-sung, Son Heung-min; Hwang Ui-jo

Ghana (4-2-3-1): Lawrence Ati Zigi; Alidu Seidu, Daniel Amartey, Alexander Djiku, Baba Rahman; Thomas Partey, Sales Abdul Samed; Osman Bukari, Mohammed Kudus, Andre Ayew; Inaki Williams

Tinggalkan Komentar