Rabu, 08 Februari 2023
17 Rajab 1444

Prihatin Kondisi Polri, Tujuh Mantan Kapolri Beri Petuah ke Listyo Sigit

Kamis, 27 Okt 2022 - 16:56 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Whatsapp Image 2022 10 27 At 12.25.46(1) - inilah.com
Kapolri Ke-17 Jenderal Pol (Purn) Da'i Bactiar memberikan keterangan usai bertemu Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan pejabat utama Polri di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2022). (Foto: Antara).

Tujuh mantan Kapolri menemui Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2022). Kedatangan mereka lantaran prihatin seiring  berbagai permasalahan yang dihadapi Polri belakangan ini.

“Kehadiran kami, para purnawirawan Polri ini, terpanggil tentu dengan situasi yang kami sama-sama prihatin dengan adanya berbagai peristiwa. Memang pertemuan antara para purnawirawan Polri yang katakanlah senior-seniornya mereka yang lagi menjabat itu adalah hal biasa, rutin,” kata mantan Kapolri Da’i Bactiar usai pertemuan di lobi depan Gedung Rupatama Mabes Polri.

Diketahui, ketujuh jenderal tersebut adalah Kapolri ke-14 Jenderal Pol (Purn) Roesmanhadi, Kapolri ke-16 Jenderal Pol (Purn) Chaerudin Ismail, Kapolri ke-17 Jenderal Pol (Purn) Da’i Bachtiar, Kapolri ke-18 Jenderal Pol (Purn) Soetanto, Kapolri ke-19 Jenderal Pol (Purn) Bambang Hendarso Danuri, Kapolri ke-20 Jenderal Pol. (Purn) Timur Pradopo, dan Kapolri ke-22 Jenderal Pol. (Purn) Badrodin Haiti.

Baca juga
Selama 2022, Penyalahgunaan BBM Bersubsidi Mencapai 1,42 Juta Liter

Da’i menjelaskan, para mantan Kapolri memberikan berbagai petuah atau masukan kepada Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan para pejabat utama Polri. Masukan ini mengenai cara mengembalikan kepercayaan publik yang menurun akibat beberapa peristiwa melibatkan anggota Polri belakangan ini.

Selain itu, kata dia menambahkan, para purnawirawan juga ingin melihat, mendengar, dan mengetahui apa yang sudah dilakukan. Termasuk, upaya yang sedang dan akan dilakukan oleh para pejabat Polri dalam mengatasi situasi sulit saat ini.

“Tentu kami memberikan dorongan semangat, spirit bagi mereka untuk tabah. Juga berpikir rasional untuk menghadapi situasi ini,” jelas Da’i seperti dikutip Antara.

Baca juga
Mahfud MD Minta Polri Hilangkan Friksi di Internal

Bukan Menghakimi

Dia memastikan kedatangan para jenderal mantan kapolri itu bukan bermaksud menghakimi atau menggurui para pejabat Polri yang saat ini sedang menjabat. Melainkan untuk memberikan dukungan kepada Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta jajarannya.

Da’i berharap, pertemuan itu akan menghasilkan perbaikan oleh jajaran Polri saat ini. Tujuannya, agar kepercayaan masyarakat yang sempat menurun kepada Polri dapat dikembalikan. Bahkan ditingkatkan, dengan berbagai langkah konkret.

Sementara itu, mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri menambahkan kedatangan para jenderal purnawirawan Polri itu dalam rangka memberikan dukungan dan memastikan Listyo Sigit beserta jajaran menjalankan arahan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan di Istana Merdeka pada Jumat lalu (14/10/2022).

Baca juga
Polri Gelontorkan Rp10 Miliar untuk Pengamanan Pembangunan IKN

“Sepenuhnya, kami semua para purnawirawan dari pusat dan daerah sampai dengan ranting akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk bagaimana Kapolri (Listyo Sigit) bisa melaksanakan tahapan-tahapan secara konkret apa yang menjadi arahan Bapak Presiden (Jokowi),” kata Bambang Hendarso.

Tinggalkan Komentar