Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Prihatin Pelecehan Seksual Terjadi Dalam Lingkungan KPI

Kamis, 02 Sep 2021 - 13:56 WIB
Penulis : Willi Nafie
Prihatin Pelecehan Seksual Terjadi Dalam Lingkungan KPI - inilah.com

Pengakuan karyawan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat berinisial MS membuat publik tercengang. Dalam lembaga independen di Indonesia yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya itu, MS mengalami pelecehan seksual dan perundungan. 

MS mengalami pelcehan seksual sesama pria sejak 2012. Juga dipaksa membeli makan bagi rekan kerja. Padahal kedudukan mereka setara dan bukan tugas MS untuk melayani rekan kerja.  

MS menuliskan pesan terbuka untuk Presiden Joko Widodo atas apa yang dialaminya. KPI Pusat juga menindaklanjuti dugaan pelecehan seksual, perundungan atau bullying itu. Merasa prihatin dan tidak mentoleransi segala bentuk perbuatan tersebut.

“Melakukan langkah-langkah investigasi internal, dengan meminta penjelasan kepada kedua belah pihak,” tulis keterangan tertulis dari KPI Pusat, Selasa (1/9/2021).

KPI Pusat mendukung aparat penegak hukum  menindaklanjuti kasus tersebut sesuai ketentuan yang berlaku. Kemudian memberikan perlindungan, pendampingan hukum dan pemulihan secara psikologi terhadap korban.

Lalu menindak tegas pelaku apabila terbukti melakukan tindak kekerasan seksual dan perundungan terhadap korban, sesuai hukum yang berlaku.

“Demikian keterangan yang dapat disampaikan KPI Pusat. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih,” tulis keterangan itu. 

Sementara itu, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Mabes Polri menegaskan menyelidiki dengan membentuk tim untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

 “Saya baru dapat informasi tadi pagi. Dittipidum akan turunkan tim untuk menyelidiki,” ujar Dirtipidum Bareskrim Brigjen Andi Rian Djajadi.

Tinggalkan Komentar