Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Profil Hadi Tjahjanto, Penerbang, Panglima TNI hingga Calon Menteri ATR/BPN

Selasa, 14 Jun 2022 - 21:27 WIB
Untitled - inilah.com
Eks Panglima TNI Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto bakal jabat Menteri ATR/BPN. Foto: Instagram @hadi,tjahjanto

Eks Panglima TNI Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto bakal masuk kabinet. Sumber Inilah.com menyebutkan, Hadi bakal menjabat Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Menurut rencana, Hadi bakal dilantik di Istana Negara, Rabu (15/6/2022) pukul 13.30 WIB. Selain Hadi, Presiden Jokowi bakal melantik Ketum PAN Zulkifli Hasan sebagai Mendag.

Hadi Tjahjanto kelahiran Malang 8 November 1963, berasal dari keluarga TNI AU. Kecintaannya pada TNI dan penerbang diwujudkan dengan masuk Akademi AU serta sekolah penerbang TNI AU yang lulus tahun 1987.

Karier militer Hadi dimulai di Skuadron Udara 4, Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang. Hadi mengoperasikan pesawat angkut ringan untuk operasi dukungan udara, SAR, dan kursus penerbang pesawat angkut Cassa. Kariernya terus menanjak hingga menjabat Kepala Komandan Pangkalan Udara Adi Soemarmo periode 2010-2011.

Baca juga
Notaris Kasus Tanah Nirina Ditangkap di Kalibata, Satu Lagi Masih Buron

Hadi menjabat Kepala Staf TNI AU (KSAU) pada 2017-2018 sebelum dilantik menjabat Panglima TNI menggantikan Gatot Nurmantyo pada 2017 yang lalu. Ketika purnatugas pada 2021, Hadi ditunjuk Presiden Jokowi mengawal agenda MotoGP Mandalika, dengan posisi Komandan Lapangan.

Penunjukan tersebut tepat, Gelaran MotoGP Mandalika yang dilaksanakan Maret 2022 lalu dianggap sukses. Hadi menerima penghargaan dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), yang disampaikan langsung oleh Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

Hadi dianggap berdedikasi dalam mengawal ajang balap motor kelas dunia yang ditonton 400 juta penonton televisi lebih dari 200 Negara di dunia. Bahkan ajang kejuaraan itu memberi dampak ekonomi perputaran uang sebesar Rp697 miliar, output NTB Rp3,5 triliun dan Output Nasional Rp4,5 triliun.

Baca juga
Evakuasi WNI dari Ukraina, Pemerintah Libatkan Pasukan Elite TNI AU

Kini Hadi Tjahjanto mendapat tantangan baru. Mengurusi soal pertanahan yang tidak sedikit bergesekan dengan TNI. Selain itu, Hadi juga menghadapi tantangan membersihkan praktik mafia tanah yang dalam setahun terakhir menjadi sorotan.

 

Tinggalkan Komentar