Profil Ketum PBNU Terpilih Gus Yahya: Putra Pendiri PKB dan Kakak Kandung Menteri Agama Yaqut

Yahya Pm Israel Benjamin Netahanyu 2018 - inilah.com
Gus Yahya bertemu dengan PM Israel Tahun 2018 Benjamin Netahanyu.

Yahya Cholil Staquf atau biasa disapa Gus Yahya terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026 dalam Muktamar NU di Lampung, 22-23 Desember 2021.

Pada kepengurusan PBNU sebelumnya, Gus Yahya merupakan Katib Syuriah PBNU.

Besar di Lingkungan Pesantren

Gus Yahya lahir di Rembang, pada 16 Februari 1966. Panggilan Gus merupakan panggilan khas dari Pesantren untuk memanggil nama anak seorang kiai atau pengasuh pesantren.

Gus Yahya mengenyam pendidikan di Pesantren Raudlatut Tholibin Rembang, Jawa Tengah. Kemudian berlanjut ke Pondok Pesantren KH Ali Maksum di Krapyak, Yogyakarta dan kuliah di Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Anak Tokoh NU dan Pendiri PKB

Gus Yahya adalah anak dari KH Cholil Bisri. KH Cholil Bisri merupakan salah seorang pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Gus Yahya juga keponakan dari ulama KH Mustofa Bisri atau biasa disapa Gus Mus.

Baca juga  Berantas Peredaran Rokok dan Miras Ilegal, Bea Cukai Kembali Edukasi Masyarakat

Jubir Presiden Gus Dur

Saat Gus Dur menjadi Presiden Keempat, Gus Yahya didapuk menjadi Juru Bicara (Jubir) Presiden hingga Gus Dur digantikan oleh Megawati Soekarnoputri.

Kiprah Gus Yahya di pemerintahan berlanjut pada tahun 2018 ketika ia dilantik menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden menggantikan alm Hasyim Muzadi.

Sosok Kontroversial Karena Pergi ke Israel

Bagi sebagian kalangan Gus Yahya merupakan sosok kontroversial. Sosok ini disematkan karena sejumlah aktivitas Gus Yahya di dalam dan luar negeri. Salah satu yang cukup menjadi perhatian publik ketika ia menghadiri undangan American Jewish Committee (AJC) Global Forum pada 2018 lalu di Israel.

Baca juga  PBNU: Hukum Kebiri HW Pelaku Perkosaan 12 Santriwati

Kehadiran Gus Yahya dalam forum itu dinilai tidak memberikan empati dan mendukung kemerdekaan Palestina.

Kakak Kandung Menteri Agama Yaqut Cholil

Gus Yahya merupakan kakak kandung dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Keduanya besar di lingkungan pesantren dan sama-sama terjun ke dunia pemerintahan.

Isu Kemenag Borong Kamar Hotel di Muktamar ke-34 NU

Muktamar NU ke-34 tidak lepas dari isu politik. Pencalonan Gus Yahya sebagai Ketua Umum PBNU diisukan didukung penuh sang adik. Bahkan dikabarkan Kementerian Agama yang dipimpin Yaqut, memborong sejumlah kamar hotel di Lampung, tempat berlangsungnya Muktamar NU.

Namun Kemenag menepis isu tersebut. Kegiatan Muktamar NU dan kegiatan Kemenag disebut kebetulan di waktu dan tempat yang sama.

Baca juga  Bea Cukai Ungkap Hal-Hal Penting di Balik Kenaikan Tarif Cukai 2022

Terpilih Menjadi Ketum PBNU 2021-2026

Dalam voting pemilihan Ketua Umum yang digelar di di Gedung Serba Guna Universitas Lampung, Jumat (24/12/2021) pagi, Gus Yahya berhasil memperoleh 337 suara. Ia berhasil mengalahkan KH Said Aqil Siradj sebagai petahana dua periode dengan perolehan 210 suara.

Said Aqil dan Yahya Staquf, Dua Murid Gus Dur yang Berebut Kursi Ketum PBNU

Tinggalkan Komentar