Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Profil Mohammad Hashemzadeh, Pelatih yang Bawa Timnas ke Final Piala AFF Futsal 2022

Mohammad Hashemzadeh (foto ist)_ - inilah.com
Mohammad Hashemzadeh (foto ist)

Debut pelatih asal Iran, Mohammad Hashemzadeh bersama Tim Nasional (Timnas) Indonesia menuai catatan manis. Sang arsitek sukses membawa skuad Garuda terbang tinggi menuju partai puncak Piala AFF Futsal 2022.

Tangan dingin Hashemzadeh sudah terbukti lewat hasil positif yang ditorehkan timnas Indonesia di partai pembuka Piala AFF Futsal 2022. Tergabung di Grup A bersama pesaing seperti tuan rumah Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam hingga Kamboja, Ardiansyah Runtuboy cs mampu menunjukkan permainan dominan.

Usai melumat habis Brunei Darussalam 12-0 dalam laga perdana grup A, skuad asuhan Mohammad Hashemzadeh kemudian mengganyang Malaysia 5-1 di pertandingan berikutnya alias partai kedua.

Laga ketiga kontra Thailand menjadi ujian paling berat bagi anak-anak Garuda. Mengingat, tim Gajah Putih bermain di kandang mereka sendiri.

Bertanding di Huamark Indoor Stadium, Bangkok, timnas futsal Indonesia sebenarnya sudah unggul 2-0 terlebih dahulu pada awal babak pertama.  Namun, Thailand tetaplah Thailand, dengan segala cara mereka mampu memaksa Garuda bermain imbang 2-2 di laga ketiga tersebut.

Baca juga
Thomas Doll Segera Pimpin Latihan Perdana Persija pada 18 Mei

Di pertandingan pamungkas grup A kontra Kamboja, skuad Merah Putih kembali menyuguhkan performa impresif lewat kemenangan telak 11-2 yang sekaligus memastikan langkah Indonesia ke semifinal Piala AFF Futsal 2022.

Tren positif itu nyatanya berlanjut di partai semifinal kala tim besutan Hashemzadeh sukses menggulung Myanmar 6-1 sekaligus memastikan tiket final gelaran AFF Futsal 2022 ada di tangan Indonesia.

Performa gemilang timnas Indonesia di AFF Futsal 2022 tentu tak lepas dari peran krusial sang arsitek anyar Mohammad Hashemzadeh. Belum genap sebulan menahkodai skuad Garuda, kepiawaian pelatih Iran langsung teruji.

Jejak karir Mohammad Hashemzadeh

Mohammad Hashemzadeh ditunjuk untuk mengisi posisi kosong kursi kepelatihan timnas futsal Indonesia pasca kepergian Kensuke Takahashi. Federasi Futsal Indonesia (FFI) memperkenalkan Hashemzadeh sebagai juru latih anyar pada 11 Maret 2022 lalu.

CV dari pelatih berusia 45 tahun terbilang cukup mentereng. Hashemzadeh adalah orang yang sangat disegani di negaranya, baik ketika masih aktif bermain atau pun berperan sebagai pelatih.

Baca juga
Resmikan JIS, Anies: Satu Janji Penting Kembali Dituntaskan

Hashemzadeh mulai bergelut di dunia kepelatihan ketika memutuskan gantung sepatu pada medio 2013 lalu. Saat itu tim terakhir yang ia bela adalah klub Giti Pasand FC. Karir kepelatihannya terus mencuat seiring tim yang dinahkodainya konsisten mendulang prestasi manis.

Puas melatih klub, Hashemzadeh kemudian didapuk sebagai pelatih kepala timnas Iran. Dirinya membawa Iran berjaya dalam dua gelaran Piala Asia Futsal 2016 dan 2018.

Tangan dingin Hashemzadeh terus berbuah manis. Puncaknya, ia sukses membawa timnas futsal Iran finis di peringkat ketiga Piala Dunia Futsal pada edisi 2016 yang berlangsung di Kolombia.

Pembuktian kualitas

Usai ditunjuk sebagai pelatih anyar timnas Indonesia, Hashemzadeh hanya memiliki waktu singkat untuk meramu skuad Garuda di gelaran Piala AFF Futsal 2022.

Kendati resmi diperkenalkan sebagai juru latih anyar tertanggal 11 Maret 2022, Hashemzadeh baru mendarat di Tanah Air selang dua minggu kemudian, tepatnya 28 Maret 2022.

Persiapan yang cenderung bersifat dadakan itu lantas mengharuskan Hashemzadeh  bergerak cepat menentukan komposisi skuad yang bakal ia bawa menuju Thailand demi Piala AFF Futsal 2022.

Baca juga
Dirjen Kemendag Tersangka, Jokowi Perintahkan Jaksa Agung Cari Dalang Kelangkaan Minyak Goreng

Namun, dengan kualitas kepelatihan yang dimilikinya, persiapan singkat tersebut nyatanya bukan halangan bagi seorang Hashemzadeh membuka catatan manis di dunia futsal Tanah Air.

Kejeliannya melihat potensi para pemain, menghantarkan skuad Garuda bercokol di partai puncak, yang sekaligus memastikan  Evan Soumilena cs lolos ke putaran final Piala Asia 2022 yang berlangsung di Kuwait nanti.

Indonesia akan berhadapan dengan Thailand dalam partai final AFF Futsal 2022. Partai final tersebut dijadwalkan digelar pada hari Minggu, 10 April 2022 pukul 17.00 WIB.

Data diri Mohammad Hashemzadeh

Nama lengkap: Mohammad Hashemzadeh

Tempat tanggal lahir: Abadan, 27 Januari 1977

Kewarganegaraan: Iran

Karier pelatih:

2011-2012 – Foolad Mahan (asisten)

2012-2013 – Giti Pasand (asisten)

2013-2020 – Timnas Futsal Iran (asisten)

2020-2021 – Giti Pasand (asisten)

2021 – Timnas Futsal Iran

2021-2022 – Gohar Zamin (asisten)

2022-sekarang – Timnas Futsal Indonesia

Tinggalkan Komentar