Profil Toprak Razgatlioglu, Sang Juara Dunia Baru World Superbike

juara dunia World Superbike

Pembalap Turki Toprak Razgatlioglu berhasil meraih gelar juara dunia World Superbike (WSBK) 2021 pada seri balapan pamungkas di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021).

Pembalap berusia 25 tahun itu bertarung ketat dengan rival utamanya Jonathan Rea. Tiba di Mandalika, Razgatlioglu mengantongi keunggulan 30 poin dari Rea di puncak klasemen.

Ia menyegel titelnya berkat finis runner-up di belakang Rea di Race 1 yang diundur ke Minggu pagi menyusul hujan deras pada hari sebelumnya.

Meskipun menjuarai Race 1, Rea mendapati dirinya terpaut 25 poin dengan satu balapan tersisa. Hal itu berarti meskipun Razgatlioglu gagal meraih poin di Race 2 dan Rea meraih poin penuh lagi maka titel akan tetap direbut oleh sang pebalap Yamaha karena unggul posisi finis musim ini.

Baca juga  MGPA Tetapkan Regulasi Penonton WSBK Mandalika

Di Race 2, Razgatlioglu finis keempat di belakang pebalap tim Aruba.it Ducati Scott Redding dan pebalap tim BMW Motorrad Michael Van Der Mark ketika Rea mendominasi trek Sirkuit Mandalika yang basah untuk merebut kemenangan keduanya di seri Indonesia.

toprak

Razgatlioglu menjadi pebalap yang mematahkan rentetan gelar juara dunia Rea yang dominan di enam musim sebelumnya, serta menjadi pebalap Turki pertama yang mencatatkan namanya sebagai juara dunia WSBK.

Ia pun mengakhiri musim dengan keunggulan 16 poin atas Rea yang berarti tim Pata Yamaha with Brixx WSBK berhak atas gelar juara dunia tim.

Yamaha juga menambah selebrasinya di Mandalika karena merebut titel konstruktor mengalahkan Ducati yang terpaut 13 poin di peringkat kedua untuk menyapu bersih tiga gelar di musim 2021.

toprak

Profil Toprak Razgatlioglu

Baca juga  Barcelona-Real Madrid Berlaga di JIS, Anies: Welcome Back to Jakarta

Lahir di Alanya, Turki, pada 16 Oktober 1996, Toprak Razgatlioglu adalah putra dari Arif Razgatlioglu, seorang stunt rider atau pengendara akrobatik terkenal di Turki.

Ia mendapatkan sepeda motor pertamanya pada usia lima tahun. Ia kemudian sukses menjuarai ajang motocross di Turki sebanyak empat kali.

Melansir laman resmi WSBK, Razgatlioglu mulai berkompetisi di ajang balap motor 600cc pada usia 13 tahun. Pada 2011, Razgatlioglu mengikuti kejuaraan Yamaha R6 Dunlop Cup. Dua tahun kemudian, ia sukses menembus ajang Red Bull Rookies Cup.

Karier Razgatlioglu di dunia balapan motor terus menanjak. Selepas dari Red Bull Rookies Cup, ia naik ke European Superstock 600 Championship (2015), lalu FIM Superstock 1000 Cup (2016), dan European Superstock 1000 Championship pada 2017.

Razgatlioglu lantas melakoni debut di Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) pada 2018. Kala itu, ia membela tim Kawasaki Puccetti Racing dan menunggangi motor Kawasaki Ninja ZX-10R. Pada musim debutnya, Razgatlioglu menempati peringkat kesembilan klasemen akhir.

Baca juga  Kalender Provisional MotoGP 2022 Dirilis, Mandalika Jadi Seri Kedua

Pencapaian pebalap bernomor 54 itu meningkat pada musim berikutnya, di mana ia menduduki peringkat kelima. Razgatlioglu akhirnya bisa meraih gelar juara dunia pada musim ketiganya berlaga di ajang WSBK.

Toprak

Biodata
– Nama lengkap: Toprak Razgatlioglu
– Tempat/ tanggal lahir: Alanya, Turki/ 16 Oktober 1996
– Kewarganegaraan: Turki
– Agama: Islam
– Tim saat ini: Pata Yamaha with Brixx WorldSBK
– Nomor motor: 54
– Mulai karier WSBK: 2018
– Race: 119
– Pole: 4
– Podium: 53
– Menang: 18
– Best Race Lap: 13
– Juara dunia: 1 (2021).

 

Tinggalkan Komentar