Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Program Apartemen Kepiting Indra Karya Raih Apresiasi Tinggi

Sabtu, 13 Agu 2022 - 12:59 WIB
Program Apartemen Kepiting Indra Karya Raih Apresiasi Tinggi
Program Apartemen Kepiting Indra Karya, berdayakan ekonomi masyarakat pesisir.

Komitmen PT Indra Karya (Persero) membangun ekonomi masyarakat pesisir melalui program apartemen kepiting, mendapat apresiasi.

BUMN konsultan konstruksi ini, meraih dua penghargaan kategori Pilar Ekonomi Terbaik Bintang 4 dan Pilar Sosial Terbaik Bintang 4 dalam ajang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan CSR Awards 2022 yang diselenggarakan BUMN Track, melalui Program Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir (PRO-AKSI).

“Penghargaan ini tentunya menjadi motivasi bagi kami untuk membuat program TJSL yang lebih inovatif. Kami akan konsisten menjalankan program CSR berkelanjutan supaya bisa menciptakan Creating Shared Value (CSV) sebagai bentuk karya sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan dan masyarakat sebagai wujud BUMN untuk Indonesia,” ujar Direktur Utama Indra Karya, Gok Ari Joso Simamora, Jakarta, dikutip Sabtu (13/8/2022).

Gok Ari yang hadir dalam acara bertema “Akselerasi BUMN Mendorong Pemulihan Ekonomi Melalui TJSL dan CSR” ini didampingi oleh VP Corporate Secretary Okky Suryono, Manager TJSL Bambang Palgunadi dan Manager Corcom Nita Syafitri.

Baca juga
Indonesia Siap Produksi Vaksin, Ogah Beli Lagi dari Luar Negeri

Gok Ari menambahkan, program TJSL Indra Karya diarahkan untuk mendorong ekonomi masyarakat pesisir, melalui program apartemen kepiting dan pelatihan UMKM serta program kolaborasi padat karya.

VP Corporate Secretary Indra Karya, Okky Suryono menyatakan, acara ini tentunya baik sebagai wadah evaluasi dan memunculkan inovasi-inovasi baru khususnya pada bidang TJSL atau CSR yang selaras untuk mendukung Core Business perusahaan.

PRO-AKSI merupakan program kolaborasi 21 BUMN di Madura yang terdiri dari Program Pembangunan Apartemen Kepiting dan Pelatihan serta Pengembangan UMKM. Kegiatan ini melibatkan 62 Petani dan Pelaku Usaha UMKM Batik Madura dengan 5 Paket Bentuk Program Vokasi Life Skill dan 2000 box yang disusun layaknya apartemen.

Baca juga
Film Kadet 1947, Erick Thohir: Jangan Lelah Mencintai Indonesia

Dengan melaksanakan pembinaan bagi pelaku UMKM dan BUMDes, mereka bisa menganalisa kekuatan dan kelemahan dari usaha yang dijalankan, menciptakan lapangan kerja dan mendukung upaya penanggulangan kemiskinan serta membekali mindset kewirausahaan bagi BUMDes agar dapat menjadi organisasi profit yang mandiri dan memiliki value yang besar.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring perkembangan kualitas dan kapabilitas anggota BUMDes dan membekali pengelolaan sumber daya manusia dengan tujuan menciptakan lapangan kerja serta mendukung upaya penanggulangan kemiskinan. Dengan beberapa tahapan, PRO-AKSI ini mampu meningkatkan pendapatan UMKM minimal sebesar 200% setelah pelaksanaan.

Pengemasan budidaya kepiting dengan apartemen ini memaksimalkan penyimpanan ruang lahan pembudidayaan. Awalnya kegiatan ini dilakukan dengan tambak yang memakan banyak lahan, hingga dapat dipangkas menjadi satu bangunan seluas 80 meter kubik dengan total berat hasil pembudidayaan sebesar 6 ton per 3 (tiga) bulan.

Tinggalkan Komentar