Program Wirausaha Pintar jadi TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik

Program Wirausaha Pintar jadi TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik  - inilah.com

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN meraih penghargaan TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik Kategori Outstanding    Achievement of Public Service    Innovation 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) lewat Program Wirausaha Pintar.

Direktur Utama TASPEN, A.N.S Kosasih mengatakan, merasa bangga karena pihaknya berhasil meraih penghargaan tersebut. Ia juga berterima kasih kepada seluruh insan TASPEN yang telah bekerja keras dan menghasilkan kinerja optimal.

“Penghargaan ini juga dapat kami raih berkat dukungan para peserta program yang sangat antusias dalam mengikuti Program Wirausaha Pintar. Ke depan, TASPEN akan terus berinovasi menghadirkan  program-program yang bermanfaat bagi para ASN dan pensiunan ASN agar tetap produktif,” kata Kosasih dalam keterangan persnya, Rabu (10/11/2021).

Baca juga  Kementerian PUPR Tingkatkan Sistem Irigasi Way Tebu di Lampung Peninggalan Kolonial Belanda

Dia menjelaskan, Program Wirausaha Pintar merupakan bentuk layanan extra miles dari TASPEN  untuk memastikan kesejahteraan ASN dan pensiunan pada masa pensiunnya. Program Wirausaha Pintar ini menjadi penting karena rata-rata para pensiunan kehilangan  pendapatan  lebih dari 70 persen dibandingkan saat masih aktif bekerja.

Melalui Program Wirausaha Pintar, TASPEN memberikan pembekalan berupa sosialisasi mengenai entrepreneurship bagi para ASN yang dalam 2-3 tahun ke depan akan memasuki masa purnatugas. Diharapkan, mereka dapat mandiri secara finansial, serta mengurangi risiko penurunan kesehatan dan mental karena tetap produktif di hari tua.
 
“TASPEN sebagai perusahaan asuransi bagi ASN, juga sangat memperhatikan kesejahteraan masyarakat umum. Program Wirausaha Pintar diharapkan dapat menjadi wujud aktif TASPEN dalam membantu membuka lapangan pekerjaan baru dan menjadi wadah pemberdayaan masyarakat umum di lingkungan sekitar pensiunan ASN,” kata Kosasih

Baca juga  Ketua DPD Minta Pemerintah Lobi Arab Saudi untuk Pastikan Pelaksanaan Umrah

Hingga kini, tercatat jumlah peserta Program Wirausaha Pintar telah mencapai 82.582 ASN yang menjadi obyek pelatihan wirausaha dan 1.505 wirausahawan ASN. Program Wirausaha Pintar telah dilaksanakan di 57 kantor cabang TASPEN dengan dukungan mitra perbankan. Pada tahun 2019, Program Wirausaha Pintar juga menjadi objek benchmark oleh GEPS Korea Selatan.

Selain itu, demi proteksi saat pandemi, TASPEN menerapkan layanan digital berupa Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona (TASPEN PESONA), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare dan Otentikasi Digital.

Tinggalkan Komentar