Minggu, 25 September 2022
29 Safar 1444

PSSI Cari Sponsor Terapkan VAR di Liga 1

Rabu, 20 Apr 2022 - 22:18 WIB
PSSI Cari Sponsor Terapkan VAR di Liga 1
PSSI Cari Sponsor Terapkan VAR di Liga 1

Ketum PSSI Mochamad Iriawan tengah mencari sponsor untuk menerapkan teknologi Video Asisten Wasit (VAR) di penyelenggaraan Liga 1 Indonesia.

Menurutnya, itu bakal menjadi salah satu terobosan bagi kompetisi sepak bola nasional.

“Sekarang sudah ada asisten wasit tambahan, tapi kami ingin mengadakan VAR. Kami sudah komunikasi kalau ada sponsor yang mau membiayai VAR, karena itu cukup mahal. Jadi kami akan menggandeng sponsor yang bisa membiayai itu,” kata Iriawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (20/4/2022).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu lantas menjelaskan bahwa biaya pengadaan VAR bisa mencapai Rp90 miliar karena biaya operasionalnya untuk sebuah pertandingan di stadion mencapai Rp200 juta.

Baca juga
Brace 'Super' Simic Bawa Persija Raih 3 Poin Atas PSIS

“Tapi kami juga harus bisa mempelajari dan mudah-mudahan tahun depan sudah bisa karena ada rencana menggelar Piala Dunia U-20 2023,” tuturnya.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) berambisi untuk menggunakan VAR dalam kompetisi Liga 1 sebagai respons terkait keputusan wasit yang sering menjadi kontroversi. VAR juga diperlukan agar wasit menjadi lebih objektif, pertandingan makin sportif, serta meningkatkan kualitas kompetisi.

PSSI sebetulnya telah menghadirkan asisten wasit tambahan di Liga 1 Indonesia musim 2021–2022 guna membantu wasit utama dalam mengambil keputusan di lapangan. Namun, langkah itu dilakukan demi menyiasati penerapan VAR yang menelan biaya cukup tinggi.

Baca juga
Boaz Solossa Hengkang dari Borneo FC

VAR pertama kali resmi digunakan pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Teknologi tersebut membantu kinerja wasit utama dalam mengambil keputusan pada seluruh 64 pertandingan yang bergulir di 14 arena dan 11 kota

Tinggalkan Komentar