Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

PSSI Kebut Naturalisasi Sandy-Jordy Demi Piala AFF 2022

Kamis, 17 Nov 2022 - 19:49 WIB
Penulis : Anton Hartono
Jordi Amat dan Sandy Walsh Sah Jadi WNI
Sandy Walsh Dan Jordi Amat (Foto:Inilah.com/Harris Muda)

Tim Nasional Indonesia kembali mendapatkan pesepak bola naturalisasi yakni Jordi Amat (30) dan Sandy Walsh (27) yang hari ini, Kamis (17/11/2022) resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Proses perpindahan kewarganegaraan keduanya sengaja dikebut karena memang dibutuhkan untuk memperkuat tim garuda di ajang Piala AFF 2022. Saat ini PSSI tengah mengurus proses perpindahan federasi keduanya setelah resmi menjadi WNI.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan Sandy, yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda, wajib berganti federasi dari KNVB ke PSSI, sementara Jordi (Spanyol) dari RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol).

“Kami akan bersurat ke FIFA tentang perubahan federasi tersebut. Semoga semua prosesnya cepat selesai,” ujar Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule.

Baca juga
Park Hang-seo: Lawan Indonesia Penting Bagi Saya

Namun, pihaknya belum dapat memastikan berapa lama proses perpindahan federasi itu tuntas. Meski begitu dirinya tetap memastikan nama keduanya masuk dalam daftar besar (maksimal 70 nama) pemain timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 yang wajib dimasukkan ke AFF maksimal 20 November 2022.

“Harap bersabar karena semua proses harus dilalui,” katanya.

Diketahui, Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi WNI usai melakukan pengambilan sumpah janji setia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada Kamis (17/11/2022).

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta’zim.

Baca juga
PSSI Pastikan STY Tetap Latih Timnas sampai Kontrak Berakhir

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Pada turnamen tersebut, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad Garuda.

Tinggalkan Komentar