Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

PSSI Kembali Puji JIS Stadion Standar FIFA, Tapi Timnas Tetap Emoh Bertanding di Sana

Rabu, 14 Sep 2022 - 06:15 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
JIS
Suasana lapangan utama Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto:Inilah.com/Didik Setiawan).

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyatakan Jakarta International Stadium (JIS) adalah stadion yang megah dan memenuhi standar FIFA. Meski begitu Yunus mengatakan di sisi lain ada kekurangan yang masih disoroti PSSI.

“Kalau soal stadion harus kita akui. Itu megah layaknya stadion di Eropa. Demikian juga rumput stadion. Semua berstandar FIFA. Namun, yang kita soroti itu sarana dan prasarana perimeter stadion yang belum selesai 100%. Jadi nitizen, pelaku sepak bola, atau siapapun yang senang dengan sepak bola jangan salah sangka atau menuduh PSSI yang bukan-bukan. Kritikan PSSI ini untuk kebaikan bersama,’’ ujar Yunus Nusi mengutip laman PSSI, Selasa (13/9/2022).

Seperti diketahui Ahmad Riza Patria mengiyakan beberapa poin yang sempat dijabarkan PSSI soal kekurangan Stadion JIS. Misalnya akses pintu masuk yang masih minim sehingga ada potensi penumpukan alur keluar-masuk stadion.

Baca juga
Tuntas Bangun Ibu Kota, Indonesia Rindu Pemimpin Humanis Seperti Anies

“Ya sebenarnya kan begini, jadi teman-teman dari PSSI ingin bahwa JIS itu memenuhi standar internasional. JIS dibuat sedemikian rupa, tidak hanya bagus dan lain-lain. Juga memenuhi standar internasional. ,” kata Riza kepada wartawan, Senin (12/9).

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS diklaim belum memenuhi kelayakan 100% infrastruktur (area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara).

Bahkan concourse timur belum dapat digunakan, perimeter tribune perlu pengkajian ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh) dan sarana prasarana pendukung (kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar).

Baca juga
Pasca-Penembakan Brigpol J, Irjen Ferdy Sambo Menangis Peluk Kapolda Metro Jaya

Dengan alasan itu lah PSSI pun belum berani menyelenggarakan laga timnas Indonesia di stadion berkapasitas 82 ribu penonton itu. Sedianya JIS akan menjadi tempat laga kedua uji coba Indonesia melawan Curacao pada 27 September 2022.

Yunus pun memastikan jika semua infrastruktur yang menjadi catatan PSSI diperbaiki, timnas Indonesia akan berlaga di JIS. ‘’Ini hanya masalah waktu saja. Cepat atau lambat, JIS akan menjadi tempat bagi timnas berlaga. Apakah untuk senior, tim U-23, U-20, maupun U-16.

Polemik PSSI dan JIS berlangsung dalam beberapa hari belakangan lantaran sederet alasan PSSI yang mengubah lokasi laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao. Sebelumnya PSSI sempat menyebut Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menjadi venue duel pada 24 September dan JIS digunakan tiga hari setelahnya.

Baca juga
Said Aqil Mantap Maju Lagi jadi Ketum PBNU

PSSI kemudian mengoreksi informasi tersebut dengan menyebut laga tanggal 27 tidak berlangsung di JIS karena stadion baru tersebut dianggap belum layak untuk menggelar FIFA matchday

PSSI lalu menyebut Stadion Patriot Candrabhaga atau di Stadion Pakansari sebagai calon tuan rumah laga kedua Timnas Indonesia vs Curacao.

Tinggalkan Komentar