Selasa, 07 Februari 2023
16 Rajab 1444

PSSI Segera Surati FIFA Terkait Percepatan KLB

Sabtu, 29 Okt 2022 - 11:59 WIB
Terima Surat FIFA, PSSI Gelar KLB Februari 2023
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule (tengah) dalam rapat Komite Eksekutif, Jumat (28/10/2022). (Dok PSSI)

Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule memastikan segera berkirim surat ke FIFA terkait percepatan Kongres Luar Biasa (KLB).

Hal itu disampaikan Iwan Bule saat memimpin emergency meeting bersama Executive Committee (Exco) di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Jumat malam (28/10/2022).

“Tahapan kongres luar biasa akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres,” kata Iwan Bule.

Iwan memastikan, segera menyebarluaskan surat pemberitahuan kepada FIFA tersebut kepada awak media pada Senin pekan depan (31/10/2022).

Lebih jauh, Iwan mengharapkan, terciptanya KLB dalam waktu dekat dapat mempercepat bergulirnya kembali Liga Indonesia. Mulai dari Liga 1 hingga Liga 3.

Baca juga
Caketum PSSI Doni Setiabudi: VAR Bukan Perkara Mustahil

“Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan. Kiranya dapat membantu diputarnya kembali kompetisi LIga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi nafas dan marwah sepak bola di Tanah Air,” ujar Iwan Bule.

Sebelumnya, keputusan mempercepat KLB merupakan respons atas surat yang dikirim oleh dua anggota PSSI yaitu Persis Solo dan Persebaya Surabaya.

Keduanya merupakan pihak yang paling vokal menyuarakan transformasi sepak bola Indonesia dan bermuara pada KLB.

“Namun, Exco PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirimkan oleh dua anggotanya. Dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara anggotanya. Exco adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi yang mewakili anggota PSSI,” kata Iwan Bule lagi.

Baca juga
FIFA, Qatar dan Eksposur Kemunafikan

Sesuai bunyi pasal 34 ayat 2 statuta PSSI tentang KLB, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari delegasi yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

“Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi. Kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai,” ujar Iwan Bule.

 

 

Tinggalkan Komentar