Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

PT IKI akan Bangun Galangan Kapal di Danau Toba

Rabu, 15 Jun 2022 - 20:12 WIB
PT IKI akan Bangun Galangan Kapal di Danau Toba
PT Industri Kapal Indonesia/ist

PT Industri Kapal Indonesia (Persero/IKI) bakal membangun galangan khusus perawatan atau docking rutin kapal penumpang yang beroperasi di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Direktur Utama IKI, Diana Rosa mengatakan, rencana pembangunan galangan kapal di daerah objek wisata danau terbesar di wilayah Asia Tenggara itu, sesuai permintaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kami mendapat tugas untuk maintenance atau docking repair kapal-kapal yang sudah dibuatkan Kementerian Perhubungan yang berada di Danau Toba. Jadi, kami diminta survei sama Pak Menhub bagaimana kami bisa menggunakan lahan di sana untuk lokasi docking kapal,” kata Diana di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Rabu (15/6/2022).

Baca juga
Presiden Jokowi ajak Luhut, Basuki dan Sandiaga Motoran di Danau Toba

Diana menyampaikan pihaknya sudah menghubungi Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP) Kemenhub untuk melakukan survei lokasi pembangunan galangan kapal di Danau Toba.

Dia menyebut di Danau Toba terdapat puluhan kapal, namun sampai saat ini belum ada galangan kapal. Sedangkan, secara regulasi kapal-kapal penumpang dalam satu tahun harus mendapat perawatan atau docking.

“Nah, di situ sudah ditunda, ditunda hampir tiga tahun. Makanya, Pak Menteri (Perhubungan) menugaskan untuk coba deh IKI masuk di sana, kerja sama dengan tenaga lokal di sana dengan Pemprov, dengan perhubungan kita bangun kerja sama di sana, tetapi IKI yang menjadi leader-nya,” ujar dia.

Baca juga
Prediksi Tren Travelling 2022

Dia menambahkan selain akan membangun galangan kapal pihaknya juga akan mengedukasi masyarakat di daerah tersebut utamanya anak-anak muda lulusan SMK tentang perawatan kapal.

“Seperti saran Menteri Perhubungan bahwasanya kita tidak hanya bisnis di sana tapi kita juga mengedukasi. Siapa yang akan kami edukasi? Mungkin lulusan-lulusan SMK seperti yang di Sulawesi Selatan. Jadi, kami mengedukasi juga anak-anak lulusan SMK,” katanya. [ipe]

Tinggalkan Komentar