Minggu, 25 September 2022
29 Safar 1444

PT Kino Indonesia Beri Bantuan Generator Oksigen untuk RS Raden Said Sukanto

Selasa, 12 Apr 2022 - 14:16 WIB
Generator Oksigen
Dokumentasi Inilah.com

Sejak kasus COVID-19 di Indonesia, terutama saat mencapai kurva puncak, semakin disadari bahwa ketersediaan oksigen medis menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Ketersediaannya yang terbatas, menjadi hal yang cukup meresahkan saat itu. Karena itu, PT Kino Indonesia Tbk memberikan bantuan generator oksigen untuk memenuhi kebutuhan di Rumah Sakit Raden Said Sukanto.

Selain COVID-19, oksigen medis digunakan untuk berbagai perawatan kesehatan, mulai dari perawatan non-invansif atau intensif hingga situasi darurat, dan digunakan melalui ventilator untuk alat bantu pernapasan.

Melihat pada keadaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa oksigen medis yang menjadi poin yang sangat critical, terutama dalam pelayanan Rumah Sakit. Keterbatasan penyediaannya dapat menjadi faktor penghalanng perawatan medis terhadap pasien yang membutuhkan.

Karena itu, PT Kino Indonesia Tbk, salah satu perusahaan consumer goods lokal Indonesia, menyumbangkan generator oksigen, alat produksi oksigen tanpa batas, untuk membantu mengatasi masalah keterbatasan tersebut.

Generator oksigen adalah alat yang dapat menangkap dan menyaring oksigen dari alam, dan memisahkannya dari kandungan nitrogen, untuk kemudian diproses, hingga kadar kemurnian yang diperlukan untuk perawatan medis, yaitu di atas 90 persen.

Baca juga
Presiden Yunani Jalani Isolasi Setelah Positif COVID-19

“Begitu pentingnya penyediaan oksigen bagi pelayanan kesehatan masyarakat, kami tergerak untuk menyumbangkan sebuah generator oksigen dengan kapasitas 200 LPM (litre per meter), yang kurang lebih dapat mengalirkan oksigen murni secara terus menerus ke 100 (seratus) tempat tidur di rumah sakit. Dan oksigen ini, kami serahkan kepada Rumah Sakit Bhayangkara TK.I R. Said Sukanto, Pusdokkes Polri,” kata Clara Linanda, Head of Corporate Relations PT. Kino Indonesia, Tbk (KINO), ditulis di Jakarta, Selasa, (12/4/2022).

Generator oksigen dengan tipe CENTRAL MEDICAL GAS ON SITE OXYGEN GENERATOR & SYSTEM 200 LPM ini diserahkan langsung kepada Brigjen. Pol. dr. Asep Hendradiana, Sp.AN., KIC., M.Kes, selaku Kepala Rumah Sakit Bhayangkara TK.I R. Said Sukanto, Pusdokkes Polri, pada hari ini, tanggal 11 April 2022.

Menjelaskan mengenai latar belakang mengapa bantuan ini diberikan kepada RS Polri Sukanto, Clara menambahkan bahwa RS Polri Sukanto merupakan Rumah Sakit rujukan COVID- 19 dan sekaligus sebagai Rumah Sakit dengan tingkat okupansi pelayanan yang cukup tinggi, sehingga KINO yakin bahwa generator oksigen ini akan membantu untuk memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca juga
Sandiaga Ajak Pemuda Ciptakan Lapangan Kerja di Masa Pandemi

“Dengan menggunakan generator oksigen ini, ketersediaan oksigen akan tidak terbatas dan tidak terkendala oleh stok yang ada,” tambah Clara.

Sehingga, lanjut Clara, bila digunakan sebagai supply utama, maka menurut informasi yang didapat, penggunaan generator ini dapat menghemat 15 persen bila dibandingkan dengan penggunaan liquid oxygen atau 50 persen bila menggunakan oksigen tabung. Selain itu, tentu karena sudah menggunakan generator oksigen, maka penyediaan oksigen akan terjamin dan lebih praktis.

Brigjen Asep Hendradiana selaku Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Raden Said Sukanto, mengungkapkan rasa terimakasih kepada PT. Kino Indonesia Tbk, atas pemberian satu unit Generator Oxygen.

“Saya atas nama pribadi dan organisasi menyampaikan ucapan banyak terimakasih, atas bantuan donasi, mesin generator oksigen dari PT. Kino Indonesia Tbk. Kapasitas 200 liter per menit itu cukup besar. Dan alhamdulillah alat ini pun merupakan alat karya anak bangsa Indonesia. Ternyata kita sanggup dan mampu membuat satu mesin yang bisa memproduksi oksigen yang cukup banyak,” kata Asep.

Baca juga
Varian Omicron Bertambah, Tangerang PPKM Level 2

Generator oksigen yang diserahkan oleh KINO ini merupakan generator pertama di Rumah Sakit Raden Said Sukanto, bantuan ini menjadikan pihaknya semakin berkomintmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, khususnya bagi para pasien COVID-19.

“Alhamdulillah sampai sekarang RS Sukanto telah merawat pasien COVID-19, dua tahun ini hampir 12.500 pasien COVID-19. Memang beberapa waktu terakhir, kondisinya sudah jauh berkurang. Kami telah menyediaan 108 tempat tidur, dan kami masih merawat kurang lebih 13 pasien saja. Memang pasiennya memerlukan perawatan, memerlukan bantuan oksigen, terus ya, alhamdulillah kita bisa memberikan yang terbaik, terlebih dengan adanya alat generator oksigen ini,” paparnya.

Tinggalkan Komentar