Rabu, 08 Februari 2023
17 Rajab 1444

Puan Dinilai Pantas Jadi Capres, Ibarat Buah Sudah Matang Pohon

Minggu, 30 Okt 2022 - 23:58 WIB
Maharani 1a(2) - inilah.com
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: DPR RI)

Peneliti Utama Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menilai, Puan Maharani memiliki pengalaman cukup panjang dalam bidang politik serta terbilang matang.

“Ibarat buah, beliau sudah matang pohon, jadi sudah saatnya. Beliau bukan tiba-tiba muncul karena awal sekali menjadi anggota partai (PDIP) terlebih dahulu, maju sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Ketua Fraksi, Menteri, dan saat ini Ketua DPR perempuan pertama,” kata Siti dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Maka dari itu, sambung Siti, kini saatnya Puan maju menjadi calon Presiden 2024. Sebagai sesama perempuan, dirinya mendukung Puan maju menjadi capres.

Baca juga
Pilpres 2024, Anies Kantongi Restu Partai Nasdem dan PAN

“Dengan demikian, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 adalah saat yang tepat untuk Puan maju ke tahapan yang lebih tinggi sebagai calon presiden,” ujar Siti.

Lebih dari itu, menurut Siti, kehadiran Puan adalah kerinduan banyak perempuan di Indonesia yang menginginkan kepemimpinan nasional dikendalikan perempuan. Dengan jumlah mayoritas penduduk adalah perempuan, maka sangat wajar jika perempuan harus turun gunung.

Siti menyebutkan, masyarakat khususnya perempuan harus memiliki preferensi politik. Kemampuan perempuan sebenarnya juga tidak kalah dibandingkan laki-laki. Pemimpin perempuan juga memiliki keunggulan tersendiri.

“Hal lain adalah banyak persoalan selama ini terkait perempuan seperti kekerasan, ketimpangan, kematian ibu dan anak, stunting atau gizi buruk, serta perlakuan diskriminatif akan lebih mudah diatasi oleh sesama perempuan karena wanita paham dengan baik kondisi dan persoalannya. Apa yang jadi persoalan perempuan itu butuh sentuhan perempuan,” tuturnya.

Baca juga
Di Antara Negara G20, Ekonomi Indonesia Juara Dua Setelah Arab Saudi

Tinggalkan Komentar