Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Puluhan Kapal Hangus Terbakar di Cilacap, Kerugian Capai Rp130 Miliar

Rabu, 04 Mei 2022 - 15:57 WIB
Puluhan Kapal Hangus Terbakar di Cilacap, Kerugian Capai Rp130 Miliar
Puluhan Kapal Hangus Terbakar di Cilacap, Kerugian Capai Rp130 Miliar (Istimewa)

Sebanyak 44 kapal hangus terbakar di Pelabuhan Wijayapura, Cilacap, kerugian ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah.

“Kerugian akibat kebakaran hampir capai Rp 130 Miliar. Ini karena ada 44 kapal (nelayan) dan satu kapal take boat yang terbakar,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat meninjau langsung lokasi kebakaran, di Cilacap.

Informasi sementara menyebut sumber api berasal dari kegiatan salah seorang anak buah kapal di kapalnya.”Akan kita dalami. Ini semua untuk membuat terang perkara terkait kebakaran,” jelasnya.

“Labfor sudah saya suruh kesini. Untuk sumber percikan api akan diselidiki Labfor,” sambungnya menegaskan.

Baca juga
Akibat Pistol Suar, Klub Malam di Rusia Terbakar dan 13 Orang Tewas

Di sisi lain ia menambahkan lokasi kebakaran kapal terjadi di empat titik berbeda.

“Hasil penyelidikan sementara kebakaran terjadi di Titik A B C dan D. Begitu terbakar, sejumlah kapal tercerai berai karena adanya pasang surut ombak,” tandasnya.

Kebakaran pertama kali terjadi pada salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Batere pada hari Selasa (3/5/2022) pukul 17.10 WIB, yang diawali dengan ledakan dari kapal tersebut.

Tidak lama kemudian, kobaran api merambat ke kapal-kapal lain yang sedang bersandar di Dermaga Batere. Bahkan, kebakaran meluas hingga Dermaga Wijayapura (tempat penyeberangan khusus menuju lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan) yang letaknya berdekatan dengan Dermaga Batere.

Baca juga
2 Bangunan di Sawah Besar Ludes Terbakar, Diduga Disebabkan Korsleting Listrik

Akibat kejadian tersebut, seorang ABK mengalami luka bakar hingga 25 persen, khususnya di wajah, leher, lengan bawah sebelah kanan dan kiri, serta punggung tungkai kanan dan kiri, sehingga harus menjalani perawatan di RSUD Cilacap.

Korban atas nama Yatiman (44), warga Jalan Logawa Nomor 45 RT 02 RW 03, Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, diketahui terkena ledakan mesin saat bekerja di atas kapal.

Tinggalkan Komentar