Puluhan Polisi Berpakaian Hazmat Ikut Jaga Demo di Istana

Puluhan Polisi Berpakaian Hazmat Ikut Jaga Demo di Istana - inilah.com
foto istimewa

Aksi unjuk rasa yang digelar massa buruh dan mahasiswa di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat mengerahkan ribuan anggota kepolisian untuk melakukan penjagaan. Uniknya, tampak puluhan polisi berpakaian hazmat ikut mengawal aksi tersebut.

Para polisi yang mengenakan alat pelindung diri (APD) itu dikerahkan di baris depan untuk mencegah penularan Covid-19 saat terjadi aksi demonstrasi yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Yang kemudian akan segera dipecah agar tidak terjadi kerumunan.

Dalam penjagaan aksi demonstrasi itu dikerahkan sedikitnya 1.955 aparat gabungan dari satuan TNI dan Polri. Tak hanya itu kawat berduri juga terlihat di sekitar istana untuk menghalau massa yang menerobos masuk.

Baca juga  Setelah Seminggu Berjuang Lawan COVID-19, Pengamat Musik Bens Leo Meninggal Dunia

Diketahui, aksi buruh dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa menyoroti dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada hari ini.

Massa buruh yang mengatasnamakan Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) menuntut dicabutnya UU Nomor 11 Tahun 2019 tentang Cipta Kerja dan berbagai aturan turunannya.

Mereka juga mendesak penghentian pemutusan hubungan kerja (PHK) serta menuntut jaminan perlindungan bagi buruh di berbagai sektor. Sementara itu para mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI)  pun ikut melakukan aksi yang sama yakni mengevaluasi kinerja Kabinet Indonesia maju dua tahun pemerintahan Jokowi-Maruf.

Baca juga  Pengamat Musik Bens Leo Meninggal, Lansia Risiko Tinggi Terinfeksi COVID-19

Tinggalkan Komentar