Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Puncak Arus Balik di Terminal Tirtonadi Diprediksi Terjadi pada Sabtu dan Minggu

Puncak Arus Balik di Terminal Tirtonadi Diprediksi Terjadi pada Sabu dan Minggu
Ilustrasi Terminal

Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Jawa Tengah memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2022 terjadi pada 7-8 Mei atau Sabtu dan Minggu ini.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta Joko Sutriyanto mengatakan sebetulnya untuk arus balik sudah terasa sejak dua hari lalu. Meski demikian, jumlahnya diperkirakan tidak sebanyak besok dan lusa.

Selain penumpang reguler, dikatakannya, terminal juga akan dipadati oleh penumpang program mudik dan balik gratis dari pemerintah.

Ia mengatakan untuk program mudik gratis diselenggarakan oleh tiga instansi, yakni Kementerian Perhubungan yang menyediakan 54 bus, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak empat bus, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebanyak 34 bus.

Baca juga
Foto: Terminal Kampung Rambutan Mulai Dipadati Pemudik

“Untuk program yang dari DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan berangkatnya dari sini (Terminal Tirtonadi), kalau yang dari Pemprov Jawa Tengah pemberangkatan dari Asrama Haji Donohudan,” katanya di Solo, Jumat (6/5/2022).

Sementara itu, berdasarkan data pada hari ini jumlah penumpang yang melakukan pemberangkatan dari Terminal Tirtonadi sebanyak 13.452 penumpang dengan rincian 7.809 penumpang melakukan perjalanan dengan menggunakan armada antarkota antarprovinsi (AKAP) dan sisanya menggunakan armada antarkota dalam provinsi (AKDP).

Selanjutnya, untuk jumlah armada yang terlihat mengalami kenaikan cukup signifikan terjadi pada armada AKAP, yang mana pada hari ini naik menjadi 475 armada dari hari sebelumnya sebanyak 442 armada.

Baca juga
Gandeng Kemenparekraf, Lummo Dorong Optimalkan Bisnis Selama Ramadan

Meski, satu hari lagi diperkirakan menjadi puncak arus balik, dikatakannya, hingga hari ini arus penumpang yang datang masih cukup padat, yakni sebanyak 12.343 penumpang datang dengan menaiki armada AKAP dan 7.042 penumpang yang menggunakan jasa armada AKDP.

Tinggalkan Komentar