Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Punya Atlet Juara Dunia Panjat Tebing, Indonesia Mantap Tatap Emas Olimpiade Paris

Selasa, 07 Jun 2022 - 08:04 WIB
Punya Atlet Juara Dunia Panjat Tebing, Indonesia Mantap Target Emas Olimpiade Paris
Punya Atlet Juara Dunia Panjat Tebing, Indonesia Mantap Target Emas Olimpiade Paris

Panjat Tebing mengintip peluang besar untuk merebut emas Olimpiade Paris 2024 mendatang. Prestasi mentereng atlet panjat tebing Indonesia pada kejuaraan dunia jadi patokannya.

Indonesia mempunyai dua atlet andalan di berbagai kejuaraan internasional. Mereka adalah Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin, yang dalam satu tahun terakhir konsisten menunjukkan prestasi dalam Piala Dunia.

Veddriq bahkan menyandang status juara dunia panjat tebing disiplin speed putra pada 2021, diikuti Katibin yang finis sebagai runner-up.

Keduanya kini menempati masing-masing peringkat satu dan dua dunia disiplin speed putra Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), dan bergantian meraih gelar juara serta memecahkan rekor pada dua seri Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul dan Amerika Serikat, Mei lalu.

Baca juga
Eko Yuli, Pahlawan Si "Penggembala" Medali

“Panjat tebing adalah salah satu cabang olahraga prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Di Olimpiade Paris, panjat tebing diproyeksikan bisa menghasilkan medali setidaknya satu medali emas karena kita punya juara dunianya,” kata Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Demi menjaga prestasi tim panjat tebing Indonesia, Zainudin mengatakan pemerintah siap mendukung dan memfasilitasi para atlet dalam melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) jangka panjang sebagai persiapan menatap Olimpiade Paris 2024.

“Mereka akan pelatnas jangka panjang. Kami serius karena mereka sudah menjadi aset bangsa dan tentu mereka harus mengingat itu dan menjaga supaya prestasinya tetap terjaga dan terkontrol sampai Olimpiade Paris,” ucapnya.

Baca juga
Profil Toprak Razgatlioglu, Sang Juara Dunia Baru World Superbike

Panjat tebing resmi masuk cabang olahraga Olimpiade dan melakukan debut di Tokyo 2020, namun hanya mempertandingkan nomor kombinasi lead dan boulder.

Sementara di Paris, panjat tebing akan mempertandingkan dua nomor, yakni kombinasi dan speed.

Tinggalkan Komentar