Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Pusat Riset Bukalapak Resmi Dibuka di Victoria Australia

Rabu, 02 Feb 2022 - 10:09 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Bukalapak - inilah.com
Foto Abcnews

Perusahaan e-commerce Bukalapak pada Senin (31/01) telah mengumumkan membuka pusat teknologi di Melbourne, Victoria  yang ditujukan sebagai basis internasional pertama untuk membuat pusat penelitian dan pengembangan (R&D).

Pembukaan pusat penelitian dan pengembangan tersebut diharapkan dapat memberi Bukalapak akses kepada kapabilitas dan talenta bidang teknologi dan inovasi digital yang dimiliki Victoria serta pada saat yang sama kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai universitas di Victoria. Berangkat dengan misi untuk mendigitalkan bisnis kecil keluarga untuk berdagang serta meningkatkan aksesnya ke produk di luar kota-kota terbesar di Indonesia, Technology Hub Bukalapak akan fokus pada Big Data, Internet of Things (IoT), AI, dan aktivitas R&D.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan dengan adanya Tech Hub atau pusat pengembangan teknologi Bukalapak di Melbourne merupakan suatu perwujudan yang akan membawa manfaat besar bagi beragam aspek hingga menguatkan SDM di bidang teknologi.

“Kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui inovasi-inovasi teknologi dari Bukalapak, serta hubungan yang baik antara Indonesia dan Australia,” ujar Luhut Binsar Panjaitan dalam keterangan pers yang diterima Inilah.com, Rabu (02/02).

Baca juga
Ironi Atlet Dedeh Erawati, Kerap Harumkan Indonesia tapi Tak Dapat Dukungan Pemerintah

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno mengatakan Tech Hub Bukalapak di Melbourne tentunya akan menjadi wadah yang tepat bagi para talenta teknologi tanah air untuk terus meningkatkan kapabilitasnya dengan dukungan dari talenta teknologi Australia.

“Serta berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui program-program inovatif Bukalapak,” ujar Sandi.

1643593460530 - inilah.com

Sementara Teddy Oetomo, President Bukalapak mengatakan sebagai perusahaan teknologi all-commerce yang didorong untuk mengubah kehidupan melalui teknologi. Bukalapak berkomitmen untuk terus tumbuh dan mengembangkan layanan inovatifnya melalui tim teknologi yang tangguh.

“Ekosistem teknologi Melbourne merupakan basis yang ideal bagi Bukalapak untuk mendirikan hub teknologi ini, yang memungkinkan talenta teknologi Indonesia untuk bekerja sama dengan profesional teknologi dari Australia dan seluruh dunia,” katanya.

Baca juga
Demokrat Enggan Spekulasi Soal Koalisi Pilpres

Indonesia juga dinilai sebagai Indonesia salah satu negara dengan pertumbuhan industri digital terbesar di Asia Tenggara. Dibukanya pusat teknologi Bukalapak di Melbourne, Australia, merupakan sebuah langkah yang patut diapresiasi dalam mendukung pertumbuhan tersebut.

“Kami yakin hal ini dapat membawa banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat luas. Harapan saya ke depannya, BukaLapak tidak berhenti di sini, tapi kelak juga dapat membuka bisnis e-commerce nya di Australia, terutama dengan memanfaatkan kerangka IA-CEPA yang dimiliki kedua negara,” ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, Dr. Siswo Pramono.

Victoria dikenal sebagai salah satu pusat pengembangan teknologi dan inovasi digital di Australia dimana Pemerintah Negara Bagian Victoria telah memiliki kebijakan dan mengalokasikan anggaran untuk mendorong pengembangan teknologi dan inovasi digitalnya, termasuk melalui kerja sama internasional.

Tinggalkan Komentar