Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

Putin Beri Isyarat Akan Akhiri Perang dengan Ukraina

Sabtu, 17 Sep 2022 - 22:47 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Putin Beri Isyarat Akan Akhiri Perang dengan Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin - ist

Presiden Rusia Vladimir Putin mengisyaratkan akan mengakhiri perang dengan Ukraina. Hal ini terungkap saat Putin berdialog dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Putin di sela-sela pertemuan puncak Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) pada Jumat (16/9) mengatakan kepada Modi sedang berusaha menghentikan konflik yang terjadi dengan Ukraina.

Hal ini terlontar saat Putin menanggapi kekhawatiran Modi soal perdamaian dan menjaga dunia untuk tetap bersama.

“Saya tahu posisi Anda dalam konflik di Ukraina, kekhawatiran Anda yang terus-menerus Anda ungkapkan,” kata Putin kepada Modi di sela-sela pertemuan puncak SCO di Samarkand, Uzbekistan, dalam pernyataan yang Kremlin rilis, seperti dikutip Al Jazeera.

Baca juga
Polandia dan NATO Sebut Rudal yang Jatuh Bukan Serangan Rusia

Namun upaya Putin untuk mengakhiri perang selalu terkendala dengan sikap dari Ukraina yang terus ngotot ingin menyelesaikan konflik ini lewat jalur militer.

“Kami akan melakukan segalanya untuk menghentikan ini sesegera mungkin. Sayangnya, pihak lawan, pimpinan Ukraina, mengumumkan penolakannya terhadap proses negosiasi dan menyatakan ingin mencapai tujuannya dengan cara militer,” ungkap Putin.

Sebagai informasi, New Delhi dan MOskow memang memiliki hubungan yang erat yang lama tepatnya sejak Perang Dingin. Rusia sendiri saat ini adalah salah satu pemasok senjata terbesar ke India,

Posisi saat ini Rusia sudah menguasai sekitar seperlima wilayah Ukraina setelah mengirim angkatan bersenjatanya ke wilayah tetangganya dari beberapa arah pada Februari lalu.

Tinggalkan Komentar