Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Putin Disebut Ingin Hapus Ukraina dari Peta Dunia

Jumat, 25 Feb 2022 - 19:00 WIB
Penulis : Willi Nafie
Putin Disebut Ingin Hapus Ukraina dari Peta Dunia

Prancis menyebut invasi militer Rusia ke Ukraina sebagai upaya Presiden Vladimir Putin untuk menghapus Ukraina dari peta dunia.

“Ini perang total. Putin telah memutuskan untuk menghapus Ukraina dari peta negara-negara,” kata Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian dilansir AFP, Jumat (25/2/2022).

Sementara Kanselir Jerman, Olaf Scholz, menekankan invasi militer Rusia ke Ukraina yang diperintahkan Putin merupakan tindakan yang tidak bisa dibenarkan. Pasalnya ini adalah serangan terhadap negara yang merdeka dan berdaulat.

“Tidak ada dan tidak seorangpun bisa memberikan pembenaran untuk ini. Ini merupakan upaya untuk secara paksa memindahkan perbatasan di Eropa, bahkan mungkin menghapus keseluruhan negara itu dari peta dunia,” ucapnya Scholz.

Baca juga
1 Juta Warga Ukraina Mengungsi Sejak Invasi Rusia

Scholz menekankan Putin sendiri yang memilih untuk perang. Untuk itu dia harus bertanggung jawab penuh atas serangan yang ia perintahkan tersebut.

“Dengan serangan ke Ukraina, Presiden Putin ingin memutar kembali waktu — tapi tidak ada jalan kembali ke abad ke-19 ketika kekuatan besar memutuskan untuk negara-negara kecil,” ucap Scholz.

Tinggalkan Komentar