Selasa, 16 Agustus 2022
18 Muharram 1444

Putin Sampaikan Perkembangan Terkait Ukraina kepada Jokowi

Jumat, 01 Jul 2022 - 09:01 WIB
Putin Ukraina Jokowi
(ist)

Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku menyampaikan secara detail perkembangan terkait Ukraina kepada Presiden RI Joko Widodo, dalam pertemuan kedua pemimpin negara itu di Kremlin, Moskow, Rusia (30/6/2022).

“Tentu saja, selama pembicaraan kami membahas beberapa masalah regional dan internasional yang mendesak lainnya. Saya memberi tahu Presiden (Jokowi) secara rinci tentang perkembangan di Ukraina,” kata Putin saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Jokowi di Kremlin, sebagaimana dipantau di Jakarta, Jumat (1/7/2022) dini hari.

Putin tidak mengungkapkan lebih lanjut penjelasan detail terkait Ukraina yang disampaikannya kepada Jokowi. Presiden Rusia itu lebih banyak menyampaikan diskusi tentang kerja sama bilateral antara negaranya dengan Indonesia.

Baca juga
Said Didu: Tahun Ini Utang Pemerintah dan BUMN Nyaris Rp13 Ribu Triliun

Dia mengatakan bahwa Rusia dan Indonesia berupaya untuk mengoordinasikan posisinya di PBB dan organisasi internasional lainnya, termasuk ASEAN yang akan dipimpin Indonesia tahun depan.

Dia juga menyampaikan Rusia mendukung upaya Indonesia untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan KTT G20 yang berlangsung di Indonesia tahun ini.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi menemui Presiden Putin di Moskow, untuk mendorong perdamaian antara Rusia dengan Ukraina yang kini tengah berperang.

Pertemuan dengan Putin dilakukan setelah sebelumnya Jokowi menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kiev.

Presiden Jokowi menyampaikan meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk dikedepankan dengan membuka ruang-ruang dialog.

Baca juga
Bima Sakti Minta Tolong ke Suporter Timnas AFF U-16 Jangan Nyalakan Flare

Presiden Jokowi juga mengaku telah menyampaikan pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Putin dan menyatakan siap membantu menjembatani komunikasi kedua pemimpin untuk upaya perdamaian kedua negara.

Tinggalkan Komentar