Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Puting Beliung Terjang 10 Rumah di Sukabumi

Sedikitnya 10 rumah di Kampung Pasirtalaga Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengalami kerusakan setelah diterjang angin puting beliung pada Senin (31/1/2022).

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cisolok Andri Firmansyah mengatakan 10 rumah itu rusak lantaran tertimpa pohon besar yang tumbang karena tertipu angin kencang.

“Tidak ada korban jiwa pada bencana angin puting beliung yang terjadi di RT 001, RW 006, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok,” katanya.

Pantauan di lokasi, bencana angin puting beliung ini berbarengan dengan hujan deras. Bahkan, sebagian warga di lokasi bencana terlihat panik karena kencangnya terjangan angin tersebut dan menyebabkan sejumlah rumah rusak pada bagian atapnya.

Baca juga
BPBD Sukabumi Pastikan tidak Ada Kerusakan Pasca-Gempa Dua Kali

Bahkan, satu per satu pohon berukuran besar di sekitar permukiman tumbang dan beberapa di antaranya menimpa rumah hingga mengakibatkan kerusakan berat.

Meskipun tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini, tapi sejumlah warga yang rumahnya tertimpa pohon harus mengungsi.

Informasi yang dihimpun dari BPBD, selain 10 rumah rusak berat akibat bencana angin puting beliung satu lumbung tempat penyimpanan padi (leuit) pun porak poranda tertimpa batang pohon berukuran besar.

Dampak bencana tersebut tidak hanya merusak rumah warga, juga menyebabkan listrik padam karena kabelnya tertimpa ranting pohon dan saat ini sedang dilakukan perbaikan oleh petugas PLN.

Baca juga
PP Muhammadiyah Kecam Pembatasan Informasi di Wadas

Di lokasi bencana unsur Forkopimcam Cisolok masih membantu warga membersihkan puing bangunan yang rusak tertimpa pohon dan tersapu angin puting beliung.

“Untuk kerugian masih dalam pendataan dan kami pun sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengevakuasi batang pohon yang melintang di jalan raya maupun menimpa rumah warga,” tambah Andri.

Tinggalkan Komentar