Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Putra Mahkota MbS Ditunjuk Jadi Perdana Menteri Saudi

Rabu, 28 Sep 2022 - 23:13 WIB
Mbs Perdana Menteri
(foto: dw.com)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) ditunjuk sebagai perdana menteri. Jabatan ini secara tradisional dipegang oleh Raja.

Mengutip AFP, Rabu (28/9/2022), keputusan pergantian posisi di pemerintahan ini diterbitkan oleh Saudi Press Agency pada Selasa (27/9/2022) malam waktu setempat.

MbS telah menjadi penguasa de facto kerajaan selama beberapa tahun. Sebelumnya ia menjabat sebagai wakil perdana menteri di bawah sang ayah Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Ia juga menjabat sebagai menteri pertahanan yang kini posisi tersebut diisi oleh adiknya, Khalid bin Salman, yang sebelumnya adalah wakil menteri pertahanan.

Berusia 37 tahun, MbS berada di urutan pertama untuk menggantikan ayahnya sebagai raja sejak 2017 lalu.

Baca juga
Ini Rencana Operasional untuk Musim Haji Tahun 1443 Hijriah

Arab Saudi telah bertahun-tahun berusaha untuk meredam spekulasi mengenai kesehatan Raja Salman yang berusia 86 tahun.

Raja Salman telah dirawat di rumah sakit dua kali sepanjang tahun ini. Terakhir ia dirawat selama satu minggu pada Mei 2022.

MbS kini tengah melakukan perubahan fundamental di Saudi. Ia mengizinkan beragam aktivitas yang sebelumnya dilarang, seperti kaum wanita boleh mengemudi mobil.

Sang Putera Mahkota juga sedang membangun berbagai proyek besar di bidang pariwisata. Ia akan mengizinkan penjualan dan konsumsi minuman beralkohol wine, koktail, hingga sampanye di sebuah resor di Kota Neom.

Tinggalkan Komentar