Jumat, 24 Maret 2023
02 Ramadhan 1444

Qatar Minat Beli Liverpool, MU dan Tottenham: Fans Bakal Full Senyum!

Rabu, 11 Jan 2023 - 05:27 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Ketua Qatar Sports Investments (QSI) Nasser al-Khelaifi yang juga pemilik Paris Saint-Germain di Khalifa International Tennis and Squash Complex pada 07 Januari 2020 di Doha, Qatar. (Foto: Getty images)
Ketua Qatar Sports Investments (QSI) Nasser al-Khelaifi yang juga pemilik Paris Saint-Germain di Khalifa International Tennis and Squash Complex pada 07 Januari 2020 di Doha, Qatar. (Foto: Getty images)

Manchester United, Liverpool FC dan Tottenham Hotspur adalah tiga klub Liga Inggris yang diincar untuk dibeli Qatar, tulis situs Al-Arabiya, Selasa (10/1/2023). Fans ketiga klub tersebut pastinya akan menyambut gembira akuisisi tersebut.

Ketua Investasi Olahraga Qatar (QSI) Nasser al-Khelaifi baru-baru ini berbicara dengan ketua Tottenham Hotspur Daniel Levy tentang kemungkinan pengambilalihan klub London, menurut sumber yang mengetahui pertemuan tersebut. QSI juga mempertimbangkan untuk mengakuisisi total saham di Manchester United dan Liverpool FC, lanjut sumber tersebut.

Dua petinggi QSI, Tottenham, Manchester dan Liverpool, menolak menanggapi kebenaran laporan ini. QSI, pemilik Paris Saint Germain dari Liga Prancis, mengincar salah satu raksasa Liga Inggris setelah Qatar sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Baca juga
10 Pemain Arsenal Mampu Tekuk Wolves 0-1

Akuisisi klub Liga Inggris, seluruhnya atau sebagian, akan memperkuat strategi Qatar untuk berinvestasi di real estat olahraga, sehingga meningkatkan citra negara, selain menginvestasikan kekayaannya yang besar yang berasal dari sumber daya alam.

Qatar baru-baru ini membelanjakan lebih dari US$200 miliar  atau sekitar Rp2.868 triliun untuk Piala Dunia 2022. Qatar juga telah membeli aset olahraga, termasuk pembelian Paris Saint-Germain, klub Portugal SC Braga, dan pengembangan beIN Media Group, yang berfokus pada penyiaran olahraga.

The Glazers yang memiliki Manchester United sedang mencari investor dan mungkin siap untuk menjual, sementara pemilik Liverpool FC masih mempertimbangkan untuk menjual saham mereka.

Baca juga
Taliban Larang Perempuan Kuliah, 5 Negara Mayoritas Muslim Ini Mengecam Keras

Tottenham, yang baru-baru ini membangun stadion baru berkapasitas lebih dari 60.000, dihargai hanya di bawah €2 miliar, atau kurang dari harga jual Chelsea FC.

Tinggalkan Komentar