Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Quipper Bareng FMIPA UGM Gelar Kompetisi Cerdas Cermat untuk Siswa SMA Sederajat

Selasa, 06 Sep 2022 - 19:17 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Quipper
Quipper (Foto: ist)

Quipper memberikan kesempatan bagi siswa-siswi jenjang SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia untuk unjuk pengetahuan dalam kompetisi cerdas cermat tingkat nasional bernama Quipper Championship. Pendaftaran secara resmi telah dibuka mulai dari 15 Juli hingga 30 September 2022.

Lima siswa dengan skor tertinggi dan tiga sekolah dengan peserta terbanyak akan diundang ke babak final yang diselenggarakan di FMIPA, Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 29 Oktober 2022. Peserta juga berkesempatan membawa pulang total dana pendidikan senilai 35 juta rupiah.

Penerapan pembelajaran tatap muka seiring dengan kondisi pandemi yang semakin membaik menjadi angin segar bagi banyak pihak, terutama siswa dan guru. Setelah dua tahun lamanya harus belajar secara daring dengan segala keterbatasan, kini kegiatan belajar mengajar sudah dipastikan kembali normal.

Meski demikian, kondisi pendidikan Indonesia saat ini bukannya tanpa tantangan. Sebab, masih ada persoalan pendidikan akibat pandemi yang mesti diselesaikan dengan cepat seperti rendahnya capaian belajar siswa yang berakar dari menurunnya motivasi belajar. Survei Save The Children tahun 2021 menemukan 40 persen siswa Indonesia merasa kehilangan motivasi belajar selama masa pandemi.

Baca juga
Pengamat UGM Dukung Jokowi Respons Cepat Tawaran Nuklir dari Putin

“Tanpa motivasi yang kuat baik dari internal dan eksternal, hasil pembelajaran pun tidak akan maksimal,” kata Head of Marketing Quipper Indonesia, Dedy Purwanto dalam siaran persnya, Selasa, (06/09/2022).

Dedy mengatakan, Quipper Championship diselenggarakan sebagai salah satu upaya Quipper menumbuhkan motivasi belajar siswa yang sempat menurun kala pandemi.

“Melalui kompetisi cerdas cermat ini, kami berharap dapat menstimulasi motivasi dan semangat belajar siswa di tahun ajaran baru yang mayoritas sudah dilakukan secara tatap muka. Guru dan sekolah juga kami ajak untuk berpartisipasi dalam mendorong siswa-siswinya mempunyai jiwa kompetitif untuk menghadapi tantangan masa mendatang,” ungkap Dedy.

Baca juga
Keren, Tim Mahasiswa UGM Sabet Juara I Desain Mobil Listrik Formula E Jakarta

Dua kategori lomba akan dipertandingkan dalam kompetisi ini, yaitu kategori siswa (individu) dan kategori sekolah. Pada kategori siswa, siswa akan diuji pengetahuannya seputar mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum.

Sementara pada kategori sekolah, tiga sekolah dengan peserta terbanyak dan nilai rata-rata terbaik akan mendapatkan hadiah berupa dana pendidikan. Adapun yang berhak mengikuti kompetisi ini adalah siswa kelas 10-12 SMA/SMK/MA dan sekolah SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia.

Lini masa kompetisi ini dimulai dari masa pendaftaran pada 15 Juli-30 September 2022, kemudian babak penyisihan secara daring di aplikasi Quipper dan website learn.quipper.com pada 4-6 Oktober 2022, babak semifinal secara daring di aplikasi Quipper dan website learn.quipper.com pada 13-14 Oktober 2022, dan ditutup dengan babak final secara luring di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 29 Oktober 2022.

Baca juga
Akademisi UGM Dukung Premium dan Pertalite Diganti Pertamax

Bagi finalis yang lolos ke babak final, Quipper akan menanggung biaya transportasi dan akomodasi selama di Yogyakarta. Pada babak final, Quipper juga membuka kesempatan bagi pelajar di Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin menonton langsung di FMIPA UGM secara gratis.

Selain itu, ada pula kesempatan untuk mengikuti tur kampus UGM ke tiga fakultas yaitu FMIPA, FK serta FEB dengan kuota terbatas. Pendaftaran Quipper Championship tidak dipungut biaya apapun.

Tinggalkan Komentar