Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Rabu Kliwon, Ada Apa Jokowi dan SBY Bareng Kunjungi Candi Borobudur?

Rabu Kliwon, Ada Apa Jokowi dan SBY Bareng Kunjungi Candi Borobudur?
Presiden Jokowi dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo sama-sama mengunjungi Candi Borobudur , Magelang, Jawa Tengah, pada Rabu Kliwon. Candi itu terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Menurut primbon Jawa kuno, keistimewaan weton Rabu Kliwon meliputi watak, karier, cinta, dan rezeki. Lalu timbul pertanyaan publik apa maknanya Jokowi-SBY kunjungi Candi Borobudur pada Rabu Kliwon?

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang juga kerap disebut sebagai calon presiden 2024 tampak ikut mendampingi SBY. Ia mengatakan kedatangan mereka ke Candi Borobudur tidak ada hubungan dengan kedatangan Presiden Jokowi yang juga mengunjungi candi bersejarah itu. Jadi murni untuk menikmati udara segar, sambil menyapa masyarakat di kawasan wisata itu. Tak ada kaitannya dengan politik atau hal terkait lainnya.

Baca juga
Pelaku Kasus Kerangkeng Manusia Tunggangi 'Utang' untuk Bungkam Suara Korban

“Menikmati Candi Borobudur yang begitu megah dan penuh sejarah, lingkungan yang begitu asri. Ini acara liburan saja, cuma tadi ada acara pertemuan dengan kader, tidak ada kaitannya atau untuk menemui Presiden Jokowi,” kata AHY kepada wartawan, Rabu (30/3/2022).

Di samping itu, sebelum ke Candi Borobudur, Jokowi terlebih dahulu bertandang ke pasar tradisional, Desa Tempurejo, Tempuran, Magelang guna mengecek harga minyak goreng. Di sana Jokowi menemukan harga migor curah dibanderol Rp15.500 per liter. Artinya di atas harga eceran teratas (HET) sesuai ketentuan pemerintah sebesar Rp14 ribu per liter.

SBY-Jokowi Bareng Kunjungi Candi Borobudur

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan mantan Presiden SBY berbarengan mengunjungi Candi Borobudur, hari ini Rabu (30/3/2022). Jokowi ke lokasi untuk meninjau infrastruktur fasilitas pariwisata di sana. Sementara SBY bersama AHY dan keluarga besar Klub Voli Lavani untuk menikmati udara segar.

Baca juga
Gunung Srandil jadi Lokasi Wisata Religi dan Ritual Pesugihan

Rombongan SBY masuk melalui pintu bagian tamu VVIP sejak pukul 09.00 WIB. Setelah melancong sekitar 1,5 jam mereka meninggalkan candi terbesar umat Budha itu.

Sesuai jadwal dari Istana Negara, Jokowi makan siang di sebuah rumah makan di Kompleks Plataran Borobudur. Sementara SBY menginap di Plataran Borobudur Resort.

Tinggalkan Komentar