Rachel Vennya Kabur dari Karantina Diduga Dibantu Oknum TNI di Bandara

Rachel Vennya Kabur dari Karantina Diduga Dibantu Oknum TNI di Bandara - inilah.com
Rachel Vennya (Instagram/@rachelvennya)

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya, Herwin BS memastikan bahwa ada oknum anggota TNI dalam cerita pelarian selebgram Rachel Vennya dari karantina usai melakukan perjalanan dari luar negeri.

“Pada saat pendalaman kasus, ditemukan adanya dugaan tindakan nonprosedural oleh oknum anggota Pengamanan Bandara Soetta (TNI) berinisial atas nama FS,” terang Kapendam Jaya Kolonel Herwin BS dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (14/10/2021).

“Oknum tersebut telah mengatur agar selebgram Rachel Vennya dapat menghindari prosedur pelaksanaan karantina yang harus dilalui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri,” terangnya.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh timnya, Herwin mendapati tindak nonprossedural yang membuat Rachel Vennya berhasil lolos dari kewajiban karantina selama 8 hari.

Baca juga  Polda Metro Kembali Panggil Rachel Vennya Terkait Data Mobil

Setelah ditemukan keterlibatan oknum, Pangdam Jaya selaku Pangkogasgabpad Covid-19, Mayjen TNI Mulyo Aji, memerintahkan penyidikan terhadap FS.

Seperti tertera pada Keputusan Kepala Satgas COVID 19 Nomor 12/2021 pada 15 September 2021. Keputusan tersebut menyatakan yang berhak mendapat fasilitas repatriasi karantina di RSDC Wisma Pademangan adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI), pelajar atau mahasiswa Indonesia setelah mengikuti pendidikan atau melaksanakan tugas belajar dari luar negeri dan pegawai pemerintah yang kembali ke Indonesia setelah perjalanan dinas dari luar negeri.

Sementara Rachel Vennya yang baru saja pulang dari New York tidak termasuk dalam ketiga kategori tersebut dan diharuskan jalani karantina di hotel yang direkomendasikan.

Baca juga  Kasus Diduga Kabur Karantina Sedang Diusut, Rachel Vennya Akhirnya Minta Maaf

Rachel kini terancam denda 100 juta atau satu tahun penjara jika terbukti melanggar aturan masa karantina.

Cerita Rachel kabur dari Wisma Atlet awalnya tersebar di media sosial saat seorang netizen muncul dan mengaku memasukan data Rachel Vennya di Wisma Atlet Pademangan.

Gegara tulisan netizen itu, Buna, panggilan Rachel dari anak-anaknya, langsung trending topic di Twitter.

“Oh dia yang harusnya karantina di wisma atlet selama 8 hari eh tapi baru 3 hari langsung kabur? Gue yang nginput data dia di Wisma Atlet Pademangan, Demi Allah,” tulis salah satu netizen dalam akun @cleverdid seperti dikutip, Minggu (10/10/2021).

Baca juga  Brigjen Zamroni, Suami Wanita yang Memaki Ibu Arteria Dahlan Punya Karier Cemerlang

Tinggalkan Komentar