Minggu, 02 Oktober 2022
06 Rabi'ul Awwal 1444

Rajin Olahraga Kunci Terbaik Cegah Penyakit Jantung

Kamis, 18 Agu 2022 - 07:56 WIB
Olahraga
Istimewa

Rajin olahraga menjadi salah satu kunci terbaik untuk cegah penyakit jantung. Hal tersebut bisa dilakukan secara rutin baik individu maupun kelompok.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar Nasional tahun 2018 menunjukkan prevalensi penyakit jantung berdasarkan diagnosis dokter sebesar 1,5 persen atau 15 dari 1000 orang di Indonesia didiagnosa penyakit jantung. Berdasarkan riset tersebut, penduduk perkotaan lebih banyak menderita penyakit jantung dengan prevalensi 1,6 persen dibandingkan penduduk pedesaan 1,3 persen.

Selain itu, prevalensi penyakit kardiovaskular lainnya seperti hipertensi juga meningkat menjadi 34 persen. Pola hidup yang sehat merupakan salah satu pencegahan utama penyakit jantung coroner, hipertensi, stroke, diabetes hingga kanker.

Pandemi COVID-19 bukan menjadi penghalang untuk tetap berolahraga, terutama bila dilakukan di luar ruang. Menurut CEO Primaya Hospital Leona A Karnali, COVID-19 membuat orang semakin peduli dengan kesehatan.

Baca juga
Bantu Pasien Covid-19 Miliki Tabung Oksigen

“Pandemi COVID-19 mengajarkan kita peduli kesehatan. Orang rajin cek kesehatan, merasa hidup ini singkat dan peduli pada pola makan serta olahraga,” ujarnya kepada wartawan, ditulis di Jakarta, Kamis, (18/8/2022).

Agar terus memberikan energi positif, dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke-16, Primaya Hospital mengadakan
Primaya Heart Race, kegiatan olahraga virtual berjalan, berlari, dan bersepeda selama sebulan. Kegiatan ini ditujukan untuk mengajak masyarakat bergerak dan bergaya hidup yang lebih sehat.

Primaya Heart Race akan dilangsungkan dari tanggal 25 Agustus hingga 25 September 2022, dan dapat diikuti seluruh
masyarakat tanpa batasan usia dan lokasi.

Dengan teknologi aplikasi digital yang digunakan dalam Primaya Heart Race, peserta dapat tetap merasakan keseruan olahraga bersama tanpa harus bertemu muka.

Baca juga
Tiga Solusi Panduan Hidrasi Saat Berolahraga

Melalui aplikasi olahraga seperti Aktivin dan Strava dengan menggunakan telepon genggam atau smart watch, para peserta dapat melihat pencapaian diri dan tim setiap hari. Hal inilah yang turut memacu para peserta Primaya Heart Race untuk bergerak bersama.

Kegiatan olahraga virtual ini dilakukan secara berkelompok dalam lima hingga sepuluh orang anggota, agar peserta dapat saling memberi dukungan dan semangat.

“Seperti kita ketahui, menerapkan gaya hidup sehat bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi dengan dukungan orang sekitar kita yang mengajak untuk bergerak, maka kita pun ikut termotivasi untuk bergerak dan hidup sehat,” papar Leona.

Primaya Heart Race merupakan upaya kongkrit Primaya Hospital Group untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait gaya hidup sehat. Hal ini sejalan dengan berbagai program promotif preventif pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat dan pencegahan penyakit.

Baca juga
Berolahraga Tapi Tetap Merokok, Ini Dampaknya Terhadap Kondisi Fisik

Tahun ini, ditargetkan ada 2000-3000 peserta yang ikut kegiatan ini untuk memperebutkan hadiah utama sebesar Rp3 juta.

“Bukan soal hadiahnya, tetapi menanamkan kebiasaan untuk bergaya hidup sehat dengan rutin bergerak,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar