Kamis, 06 Oktober 2022
10 Rabi'ul Awwal 1444

Ramadan: Kedudukan Mulia Orangtua karena Alquran

Kamis, 15 Apr 2021 - 12:00 WIB
Penulis : Yayat Hidayat

RAMADAN di samping bulan untuk berpuasa dan qiamullayl diapun merupakan bulannya Al-Qur’an, padanya Allah ‘azza wa jalla turunkan Al-Qur’an dan pada bulan ini pula Rasulullâh shalallahu ‘alaihi wasallam saling memperdengarkan Al-Qur’an bersama Jibril ‘alaihis salaam.

Bahkan untuk lebih menegaskan besarnya ganjaran membaca Al-Qur’an, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan nilai perhuruf yang akan diperoleh seorang hamba dari membaca Al-Qur’an. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan, aku tidak katakan sebagai satu huruf tetapi alif itu satu huruf, lam itu satu huruf, mim itu satu huruf.” [HR. At-tirmizi no. 2910].

Ketahuilah pula bahwa sesungguhnya Rasululllah telah memberikan kedudukan mulia untukmu serta telah mengutamakan dirimu pada momen ibadah yang sangat agung semua itu karena Al-Qur’an, sebagaimana sabda Nabi: "Hendaklah yang mengimami Suatu kaum adalah yang paling bagus diantara mereka bacaan (hapalan) alqurannya.” [HR. Muslim no. 673].

Sungguh ini adalah kemuliaan yang sangat agung, ketika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam mengutamakanmu pada ibadah yang sangat utama.

Saudaraku tidakkah kita semua ingin atau tidakkah kita semua senang dan bangga ketika pada suatu hari nanti di akhirat, ketika kedua orang tua kita tiba-tiba merasa aneh dan heran ketika keduanya dipakaikan dengan pakaian yang sangat menakjubkan yang tidak dimiliki oleh penduuduk dunia? Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Kedua orang tuanya akan dipakaikan dengan pakaian yang tidak dimiliki oleh penduduk dunia, mereka berdua bertanya, kenapa kami di anugerahkan pakaian ini?, merekapun dijawab bahwa sebabnya adalah karena anak mereka yang menghapal Al-Qur’an.” [HR. Ahmad no. 22950].

Alangkah indah balasan dan pahala bagi para pembaca dan penghapal Al-Qur’an, oleh karena itu janganlah bulan yang suci ini terlewatkan begitu saja, marilah kita isi dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an terlebih apabila kita sanggup untuk menghapalnya, maka ini sungguh kebaikan di atas kebaikan. []