Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

Rampungkan Akuisisi ConocoPhillips, Harga Saham MEDC Dipatok Rp900

Rampungkan Akuisisi ConocoPhillips, Harga Saham MEDC Dipatok Rp900 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan

Analis merekomendasikan beli saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) dengan target harga di Rp900 per unit saham. Tuntasnya akuisisi ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd (CIHL) menjadi salah satu katalis positifnya.

Analis Panin Sekuritas Timothy Wijaya mengatakan, di sektor minyak dan gas, emiten PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menuntaskan akuisi saham blok koridor ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd (CIHL) sebesar US$1,35 miliar.

Saham tersebut berasal dari Phillips International Investments Inc yang notabene merupakan anak perusahaan ConocoPhillips Company. “Perseroan (MEDC) memiliki 54% working interest di blok tersebut,” kata Timothy di Jakarta, Jumat (4/3/2022).

Baca juga
Harga Lagi Tinggi-tingginya, Hary Tanoe Malah Jual Tambang Batubara dengan Harga Murah

Dengan aksi akuisisi blok tersebut, lanjut dia, perseroan dapat meningkatkan kapasitas produksi menjadi 155 mboepd. “Angka ini meningkat 64% dari target produksi tahun lalu,” ungkap dia.

Dia menegaskan, CIHL merupakan blok gas terbesar kedua di Indonesia. “Oleh karena itu, akuisisi ini cukup signifikan untuk meningkatkan target produksi mereka,” ucapnya tandas.

Selain akuisisi, MEDC juga telah menganggarkan belanja modal atau Capex sebesar US$275 juta untuk lini bisnis migas dan US$50 juta untuk lini bisnis kelistrikan. “Saham MEDC kita masih rekomendasikan beli dengan target harga di Rp900 per unit saham,” ujarnya.

Target harga tersebut merefleksikan Enterprise Value atau EV/EBIDTA ratio di level 5,9 kali untuk 2022. “Sebab, kita mlihat tingginya harga minyak dan juga gas di tahun ini yang akan turut mendorong dari sisi revenue mereka,” tuturnya.

Baca juga
Kuncinya Kolaborasi, UMKM Nasional Makin Cepat Naik Kelas dan Go Global

“Lalu, akuisisi blok Conoco ini akan menjadi pendorong kinerja emiten ini di tahun 2022 yang cukup signifikan.”

Pada sesi pertama perdagangan Jumat (4/3/2022), saham MEDC stagnan di Rp655 per unit saham. Jumlah lot yang ditransaksikan mencapai 1,4 juta senilai Rp91,9 miliar dengan harga rata-rata di Rp653.

Disclaimer: Pelajari dengan teliti sebelum membeli atau menjual saham. Inilah.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan investor.

Tinggalkan Komentar