Minggu, 02 April 2023
11 Ramadhan 1444

Rapatkan Barisan Dukung Prabowo, Pengurus Sayap Partai Gerindra Gerak Cepat 

Minggu, 19 Mar 2023 - 14:08 WIB
Prabowo
Beberapa pengurus sayap Partai Gerindra Jaringan Rakyat Indonesia Raya (Jari Raya) saat pendeklarasian dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai capres 2024 sekaligus pelantikan pengurus DPD Jari Raya Sumsel periode 2023-2029 di Palembang, Sabtu (18/3/2023). (Foto: Humas Jari Raya)

Sayap Partai Gerindra Jaringan Rakyat Indonesia Raya (Jari Raya) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju menjadi calon presiden dalam Pilpres 2024, sekaligus merapatkan barisan dan bergerak cepat.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (19/3/2023), pendeklarasian tersebut dilakukan di sela-sela pelantikan pengurus DPD Jari Raya Sumatera Selatan periode 2023-2029 di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (18/3/2023), yang dipimpin oleh Ketua Umum Jari Raya La Kamarudin.

Dalam kesempatan tersebut, Kamal, sapaan akrab La Kamarudin meminta pengurus DPD dan seluruh DPC Jari Raya Sumatera Selatan untuk segera melakukan konsolidasi dan menyosialisasikan pencapresan Prabowo Subianto serta bergerak melakukan kerja nyata bagi masyarakat.

“Saya menginstruksikan kepada pengurus DPD dan seluruh DPC Sumatera Selatan bergerak cepat melakukan kerja-kerja nyata yang langsung menyentuh masyarakat agar kehadiran Jari Raya membawa nilai kemanfaatan,” ujar dia.

Baca juga
Ganjar Jadi Tokoh yang Bisa Menyamai Elektabilitas Prabowo

Menurutnya, program yang dirasakan langsung oleh masyarakat itu akan membuat pengurus Jari Raya mengetahui pasti masalah yang dihadapi oleh rakyat sehingga mereka dapat memahami kebutuhan masyarakat dan melakukan langkah penyelesaian yang konkret.

“Langkah dan gerak kami tidak boleh jauh dari keberpihakan pada masyarakat sehingga menjadikan Jari Raya sebagai organisasi yang dekat dengan masyarakat. Selain itu, Jari Raya juga harus dapat memposisikan diri sebagai alat perjuangan bagi masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kamal pun menginstruksikan DPD lainnya, yakni, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Maluku, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Papua untuk segera merapatkan barisan serta memenangkan Partai Gerindra serta Prabowo pada Pemilu 2024.

Baca juga
Bangun Koalisi Indonesia Bersatu, Airlangga Tokoh yang Paling Siap Maju jadi Capres 2024

“Kami juga mengamanatkan pengurus Jari Raya, baik pusat maupun daerah untuk berkomitmen penuh, tetap bersatu dan satu tujuan mendukung Gerindra menjemput kemenangan pada pemilu 2024,” kata dia.

Diakhir arahannya, Kamal mengharapkan seluruh pengurus Jari Raya selalu menjaga kerukunan serta terus berdekatan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat. “Mari bersatu, bergerak dan berjuang untuk kemenangan Gerindra yang berarti juga kemenangan masyarakat,” ujarnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Baca juga
Figur Anies Baswedan Penuhi Kriteria Capres PKS

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Tinggalkan Komentar