Senin, 27 Juni 2022
27 Dzul Qa'dah 1443

Rapimnas PKS Jaring Kandidat Capres

Senin, 20 Jun 2022 - 11:33 WIB
0620 100428 4f14 Inilah.com  - inilah.com
Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri berharap terbentuk tiga poros pada Pemilu 2024. Foto: Dok. PKS

Rapat pimpinan nasional (Rapimnas) PKS yang digelar pada 20-21 Juni 2022 di Grand Sahid Jaya, bakal menampung usulan kandidat calon presiden (capres) dari pengurus wilayah. Usulan tersebut disampaikan setelah pengurus menyerap aspirasi masyarakat akar rumput.

Menurut Juru Bicara (Jubir) PKS, Pipin Sopian, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS tingkat provinsi nantinya bakal menyodorkan kandidat capres-cawapres kepada DPP. Selain mengusulkan kandidat capres-cawapres yang bakal diusung pada Pilpres 2024, Rakernas PKS juga membahas kemungkinan kerja sama untuk membangun koalisi.

“Rapimnas juga meminta masukan dari struktur wilayah terkait kriteria sosok capres-cawapres dan mitra koalisi Pilpres 2024. Itu salah satu yang akan dibahas,” kata Pipin, kepada Inilah.com, Senin (20/6/2022).

Baca juga
Dua Jam Temui Zulhas, Ridwan Kamil Jaga Peluang 2024

Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri mengakui partainya masih membangun komunikasi dengan parpol-parpol lain untuk membangun koalisi. Terkait kemungkinan untuk membangun koalisi dengan Partai Gerindra dan PKB, ia mengatakan bahwa pihak PKS masih melakukan komunikasi awal dan belum ada hasil yang final, begitu pula dengan kandidat yang diusung sebagai capres.

“Kalau final, saya sih melihat belum ada. Tapi mungkin akan ada rekomendasi partai koalisinya. Final siapa calon presidennya, belum,” kata Salim.

Salim juga mengungkapkan harapannya agar munculnya poros baru dalam catur perpolitikan nasional. Setidaknya bisa mengajukan tiga pasangan capres-cawapres. “Sampai nanti, mudah-mudahan akan ada poros, ya. Kalau kita lihat, kemungkinan ada tiga calon ya, tiga calon presiden. Mudah-mudahan itu terwujud,” ucapnya.

Baca juga
Soal Dukungan Capres, Surya Paloh Bakal Bertemu Anies Baswedan

 

Tinggalkan Komentar