Rekomendasi HR systems, Penjelasan dan Daftar Terbaik

Rekomendasi HR systems, Penjelasan dan Daftar Terbaik - inilah.com
(ist)

Human Resource Management (HRM/HRIS) atau manajemen sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu kegiatan paling penting yang harus diperhatikan dalam sebuah perusahaan. Tanpa adanya pengelolaan SDM yang baik, maka perusahaan akan kesulitan untuk berkembang dan bisa mencapai objektifnya.

Dalam mengelola SDM tidak hanya tentang memotivasi dan mendisiplinkan karyawan saja, tapi juga mengembangkan dan memberikan hak karyawan. Ada hal-hal lain yang perlu dikelola seperti rekrutmen dan pembayaran pajak, sehingga HRD (human resource department) memerlukan penanganan yang lebih inten.

Dengan mengelola SDM yang dilakukan secara manual terbilang cukup merepotkan dan tidak efisien, sehingga banyak perusahaan yang mencoba beralih ke HR systems untuk mengotomatiskan manajemen SDM perusahaan. Untuk mengetahui apa itu HR systems secara detail, silahkan simak seluruh artikel berikut.

Apa Itu HRIS?

Sebelum memahami apa itu HRIS, maka Anda perlu memahami apa itu HRM karena keduanya memiliki hubungan yang sangat erat. HRM yaitu praktik dalam mengelola tenaga kerja di suatu organisasi untuk membantu bisnis mendapatkan keunggulan kompetitif. Dan dikenal sebagai departemen SDM, praktik ini dibuat untuk mengoptimalkan kinerja karyawan dalam mencapai objektivitas bisnis.

HRIS (Human Resource Information System) atau yang dikenal sebagai HRMS (Human Resource Management Software) merupakan sebuah perangkat lunak atau HR systems untuk mengelola berbagai kegiatan yang berkaitan dengan SDM melalui sistem yang tersentralisasi. Hal ini termasuk penggajian, pembayaran pajak, proses rekrutmen, kehadiran dan cuti, dan evaluasi kinerja karyawan.

Dengan HR systems, manajer HRD dengan mudah bisa melacak berbagai informasi mengenai karyawan seperti data pribadi, pekerjaan, informasi gaji, pengeluaran, dan sebagainya. Dan Manajer HRD juga dapat membatasi siapa saja yang bisa mengakses sistem ini, informasi mana yang bisa dilihat karyawan, dan mana yang hanya boleh diakses manajemen.

HRIS menjadi salah satu modul yang ada didalam sistem ERP yang juga bisa diintegrasikan dengan beberapa modul lain yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini seperti sistem ERP, HRIS tersedia dalam beberapa jenis solusi seperti perangkat lunak desktop (on-premise), perangkat lunak berbasis website(cloud), serta aplikasi desktop dan/atau mobile.

Fungsi HRIS (HRM Software) bagi Perusahaan

HRIS atau HRM menjadi salah satu HR systems yang wajib dimiliki oleh perusahaan, apapun jenis dan ukurannya. Ada banyak manfaat yang diberikan aplikasi ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan keamanan data karyawan

Data karyawan yang bersifat personal seharusnya hanya boleh diakses oleh orang-orang yang berkepentingan. Dimana Sistem HRM ini berguna bagi manajer HRD untuk mengontrol siapa saja yang bisa mengakses informasi dalam sistem, sehingga resiko pencurian data bisa diminimalkan.

Memudahkan pendistribusian gaji

HR systems menjadikan proses penggajian lebih cepat dan mudah. Adanya Human error yang sering muncul menjadi penyebab kesalahan dalam penghitungan gaji bisa diantisipasi lebih mudah, karena sistem menghitungnya sesuai dengan jam kerja dan kehadiran karyawan.

Baca juga  Akuntan Bakal Terganti oleh Teknologi?

Dengan sistem ini memungkinkan bukti penggajian mudah dibuat hanya dalam hitungan menit saja dan semuanya tersimpan rapi di dalam sistem, sehingga manajemen juga karyawan bisa melacaknya dengan mudah. Manajer juga bisa melihat laporan penggajian setiap bulannya dan melihat komponen gaji dari setiap karyawan (tunjangan, uang lembur, dan sebagainya).

Memonitor kinerja karyawan

HR systems memudahkan manajemen dalam mengidentifikasi karyawan yang cepat berkembang dan karyawan yang perkembangannya lambat. Manajer HRD bisa menetapkan aturan untuk setiap karyawan dan kemudian mengukur pencapaian mereka. Ini juga akan memudahkan manajemen dalam mengevaluasi penilaian terhadap karyawan.

Menghemat biaya operasional HRD

HR systems juga dapat membantu dalam hal meringankan biaya operasional HRD dengan menghapus penggunaan kertas dan aplikasi-aplikasi lainnya yang kurang efektif. Dan juga dapat mengurangi kebutuhan tenaga kerja dalam mengelola SDM, karena seluruh proses akan ditangani secara otomatis.

Menyederhanakan proses rekrutmen

Dalam proses penerimaan karyawan baru, mulai wawancara sampai penerimaan karyawan baru bisa ditangani dengan mudah melalui HR systems. Manajer bisa membuat tahapan dalam proses rekrutmen dan menempatkan kandidat berdasarkan statusnya.

Membantu mengoptimalkan proses pengambilan keputusan

HR systems bisa membantu manajemen dalam mengambil keputusan dengan lebih baik. Karena semua informasi SDM dapat ditinjau lewat satu sistem terpusat, manajemen dapat dengan cepat dan mudah mengetahui siapa saja yang sudah berkontribusi ke perusahaan dan siapa yang belum. Manajemen bisa melakukan tindakan dengan cepat untuk mengatasi kesenjangan keterampilan karyawan.

Tips Memilih Aplikasi HRIS Terbaik

Jika Anda ingin memilih mana HR systems yang cocok untuk perusahaan, berikut beberapa tips memilih vendor HR Indonesia yang bisa digunakan:

Pertama pilih yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sesuaikan dengan budget yang ada.

Pastikan jika HR systems terbaik yang dipilih berasal dari perusahaan yang jelas dan aman.

Daftar HR systems Terbaik  

1. Talenta by Mekari

Aplikasi pertama adalah Talenta by Mekari menjadi sebuah HR systems terbaik di Indonesia. Fitur utama yang ada di aplikasi ini sangat beragam dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.  Dimana aplikasi ini sudah umum digunakan perusahaan di zaman digitalisasi seperti sekarang ini. 

Talenta by Mekari memberikan layanan dalam membantu pekerjaan tim HR untuk bisa mengintegrasikan pengelolaan data karyawan juga pekerjaan administrasi lainnya. Dengan begitu setiap karyawan bisa terbantu dengan menggunakan aplikasi Talenta by Mekari ini. Satu lagi sistem ini bisa untuk mengelola payroll dan absensi karyawan lebih mudah dengan HR systems.

Baca juga  PEREKONOMIAN INDONESIA SAAT INI, MASYARAKAT SUDAH MULAI SADAR UNTUK VAKSINASI

2. NaturalHR

HR systems kedua bernama NaturalHR merupakan aplikasi buatan UK yang bisa digunakan secara gratis tanpa iklan, trial, dan lainnya.

NaturalHR yang dilengkapi berbagai fitur seperti time tracking, employee self-service, libur dan cuti, pustaka penyimpanan materi pelatihan, rekrutmen, dan ada penilaian kinerja karyawan.

Namun, aplikasi ini belum memiliki sistem penggajian yang mumpuni. Versi gratis dari juga tersedia versi  yang berbayar yang lebih memudahkan Anda dalam mengelola data karyawan.

3. Web Human Resource

Web Human Resource, atau yang disingkat WebHR, menjadi HR systems Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2010. Memiliki jumlah pengguna yang sudah mencapai angka 9000 lebih.

WebHR berbasis web dan dibuat untuk perusahaan berskala kecil sampai menengah dengan jumlah karyawan yang tidak banyak, hanya terbatas maksimal sepuluh orang saja.

Aplikasi WebHR bisa digunakan dengan gratis, tapi sayangnya masih ada iklan di dalamnya.

Banyaknya pengguna WebHR karena adanya fitur-fitur pendukung seperti tracking kehadiran, penggajian, dan rekrutmen, sehingga bisa sangat memudahkan penggunanya.

4. Deskera

Deskera adalah sebuah HR systems yang sudah memiliki pengguna sendiri dan menjadi aplikasi berbasis digital.

Dimana Deskera memiliki modul HR yang sangat luas, mencakup manajemen penggajian, manajemen performa, rekrutmen, timesheet, serta real-time reporting.

Deskera dibuat dalam hal untuk memenuhi semua kebutuhan dalam skala yang besar.

Dan aplikasi ini terdiri dari 2 versi, yaitu versi yang berbayar dan versi yang gratis. Deskera hadir tidak hanya sebagai aplikasi pengatur manajemen kehadiran saja, tapi juga sebagai modul untuk CRM dan ERP.

5. IceHRM

IceHRM menjadi HR systems yang memiliki versi berbayar dengan hosting yang bisa diatur sendiri.

IceHRM memiliki versi gratis, namun terbatas hanya untuk dua puluh karyawan saja. Dan untuk perusahaan kecil bisa memanfaatkan sistem versi gratis tanpa harus memasangnya.

Fitur utamanya seperti tracking waktu dan kehadiran, leave management, serta unggah dokumen dalam format CSV.

6. Orangehrm

HR systems  bernama Orangehrm ini berasal dari New Jersey, Amerika Serikat. Orangehrm digunakan banyak perusahaan mulai dari korporasi hingga startup karena lebih mudah dan aman.

Sistem yang ditawarkan Orangehrm adalah yaitu modular. Dimana setiap modular memiliki fungsi dan kegunaan berbeda. Beberapa contoh modul yang ada seperti travel & expenses tracker, document manager, training module, sampai online training. 

Dengan banyaknya modul yang ditawarkan, maka membuat perusahaan bisa memberikan kendali untuk beralih ke aplikasi HR secara penuh.

dan juga Orangehrm memiliki modul untuk time management & attendance, recruitment, performance, dan sebagainya.

7. Namely

Baca juga  Perluas Pasar ERP, Global Sukses Solusi Gandeng Jababeka

Namely adalah sebuah HR systems yang bisa membantu dalam proses pengelolaan karyawan perusahaan lebih baik. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2012 di Amerika Serikat. Namely memungkinkan untuk melibatkan karyawan mengelola dan mengakses data informasi, sistem penggajian menjadi efisien, pembuatan peraturan kerja yang makin fleksibel. 

Namun aplikasi ini cukup sulit digunakan oleh perusahaan di Indonesia karena regulasi yang dibuat di aplikasi ini berbeda dengan yang digunakan oleh perusahaan di tanah air.

8. iceHRM

iceHRM adalah sebuah HR systems dengan versi berbayar dan gratis. Untuk versi gratisnya hanya bisa digunakan bagi perusahaan yang memiliki maksimal 20 karyawan. 

Memiliki antarmuka yang lebih modern daripada aplikasi lain, sehingga penggunaan iceHRM menjadi mudah. Berbagai fitur unggulannya seperti leave management, tracking waktu dan kehadiran, informasi karyawan, dan upload dokumen sekaligus download report dalam format CSV. Dengan support yang handal menjadikan iceHRM menjadi opsi terbaik untuk aplikasi kehadiran gratis.

9. SimpleHRM

HR systems menjadi satu dari aplikasi  yang menyasar perusahaan kecil dan menengah yang terdiri dari versi gratis dan versi berbayar (professional edition) dengan modul dan fitur tambahan.

Berbagai kebutuhan manajemen HR bisa terpenuhi dengan fitur-fitur seperti leave management, manajemen pelesir dan pengeluaran, benefits, task reporting, dan informasi lengkap karyawan. Dan dapat memberikan pedoman yang baik untuk divisi HR dalam bisnis skala kecil dan menengah. Memiliki antarmuka yang slick menjadi sisi baik tersendiri dari aplikasi ini.

10. HRtrack

Sebagai HR systems dengan 10 karyawan atau kurang, HRtrack adalah aplikasi buatan perusahaan Kanada, First Reference. 

HRtrack memungkinkan Anda bisa melakukan reporting pelatihan karyawan, libur atau cuti karyawan, performa karyawan, dan benefit karyawan. 

11. Zoho

Zoho yaitu sebuah perusahaan yang sudah terkenal dan besar, dengan aplikasi HR systems yang menawarkan antarmuka dan fitur profesional seperti time tracking, manajemen waktu tinggal karyawan (leave management), informasi lengkap karyawan, dan bisa self-service.

Untuk versi gratisnya memiliki fitur terbatas dan tidak termasuk untuk timesheet atau tracking kehadiran, kapasitas penyimpanan terbatas ‘hanya’ 250 GB.

12. BambooHR

Dan terakhir HR systems  yaitu  BambooHR, pilihan aplikasi yang juga berbasis web. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur utama seperti sistem tracking, penjadwalan dan absensi, manajemen payroll, dan fitur orientasi.

BambooHR bisa digunakan dengan mudah dan juga bisa menghemat waktu yang mungkin terbuang jika mengelola data karyawan secara manual. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengantisipasi kesalahan yang dibuat karena pekerja atau karyawan. Perusahaan bisa mencoba aplikasi ini dengan mudah dan gratis.

Itulah penjelasan mengenai HR systems yang ada di Indonesia, semoga bermanfaat. [adv]

Tinggalkan Komentar