Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Rekomendasi Lima Saham saat IHSG Berada di Zona Netral

Rekomendasi Lima Saham saat IHSG Berada di Zona Netral - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan

Secara teknikal, status Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona netral. Lima saham mendapat rekomendasi positif dari analis. Apa saja?

Hendry Andrean, analis riset OCBC Sekuritas mengatakan, saham-saham di bursa Jepang terlihat bersiap untuk melemah pada Senin ini. “Sebab, investor terus memantau perkembangan seputar perang Rusia-Ukraina dan gelombang Covid di China,” katanya dalam riset yang rilis di Jakarta, Senin (14/3/2022) pagi.

Ia menjelaskan, konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina mengganggu pengiriman dan angkutan udara. “Ini kemungkinan akan terus membebani sentimen investor,” ujarnya.

Di tempat lain, pasar juga akan memantau gelombang infeksi Covid-19 baru-baru ini di China, termasuk kota besar Shenzhen.

Sementara itu, Bank Sentra AS atau the Fed berpeluang mengumumkan kenaikan suku bunga akhir pekan ini. Ini merupakan langkah pertama sejak 2018.

Baca juga
Pengemudi Mercy Lawan Arah Pensiunan PNS Asal Pontianak

Sementara sentimen dari dalam negeri adalah penjualan ritel yang berpeluang menunjukkan pertumbuhan yang terkendali pada Februari 2022.

Arah IHSG Selanjutnya

Menurut Hendry, secara teknikal, IHSG berada di zona netral. Hal ini terlihat dari white candle dengan volume rendah tapi tren bullish masih berpeluang berlanjut apabila posisi indeks mampu bertahan di atas 6.864.

“Secara teknikal, support IHSG berada di 6.864 dan resistance di 6.973,” ungkap dia.

Saham-saham dalam Pantauan

  1. Saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang menawarkan Obligasi dan Sukuk Tahap I senilai Rp1 triliun.
  2. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) di mana anak perusahaannya mengalihkan 30% sahamnya di Krakatau PosChem DongSuh Chemical.
  3. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) yang membagikan dividen dan ikut menggerus laba bersih Rp16.82 triliun.
Baca juga
Harga Sawit Anjlok, Gubernur Riau Minta Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

Saham-saham Pilihan

Di atas semua itu, ia menyodorkan beberapa saham pilihan sebagai bahan pertimbangan para pemodal. Saham-saham tersebut adalah:

  1. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dengan rekomendasi speculative buy. Secara teknikal, white candle dengan kenaikan volume transaksi dan membentuk pola golden cross dalam Moving average convergence divergence (MACD)-nya. Resistance WSKT berada di 675 dan support di 560. Masuk di kisaran 595-615.
  1. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dengan rekomendasi hold. Secara teknikal, white candle with volume rendah sementara harga mampun bertahan di atas 980. Resistance BSDE berada di 1.080 dan support di 980. Masuk di kisaran 980-990.
  1. Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) dengan rekomendasi speculative buy. Secara teknikal, white candle dengan kenaikan volume dan membentuk pola golden cross pada MACD-nya. Resistance saham ADHI berada di 935 dan support di 760. Masuk di kisaran 825-840.
  1. PT Multipolar Tbk (MLPL). Rekomendasi trading buy. Secara teknikal, white candle dengan kenaikan volume dan momentum dalam histogramnya. Resistance saham MLPL berada di 276 dan support di 214. Masuk di kisaran 234-242.
  1. PT XL Axiata Tbk (EXCL) dengan reskomendasi hold. Secara teknikal, white candle dengan peningkatan volume sementara William%R tampak berada di zona netral. Resistance EXCL berada di 2.980 dan support di 2.680. Bagi yang belum punya, saran masuk di kisaran 2.740-2.750.
Baca juga
Inilah 5 Negara yang Pernah Gagal Pindahkan Ibu Kota

Disclaimer: Pelajari dengan teliti sebelum membeli atau menjual saham. Inilah.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan investor.

Tinggalkan Komentar