Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

RELX Punya Program untuk Lindungi Konsumen

RELX Punya Program untuk Lindungi Konsumen

RELX memiliki beberapa program perlindungan bagi para konsumennya, Guardian Program, Golden Shield, dan Green Shoots.

Guardian Program merupakan komitmen awal yang sudah ada sejak RELX hadir. Ini sebuah komitmen serta dukungan RELX terhadap undang-undang dan peraturan yang bertujuan untuk mencegah pembelian dan penggunaan produk oleh anak di bawah umur.

General Manager RELX, Yudhistira Eka Saputra atau yang akrab dengan sapaan Yudhi menyatakan, bentuk riil dari Guardian Program meliputi; kemasan yang menyertakan label nikotin menonjol yang bertuliskan “Produk ini mengandung nikotin.

“Nikotin adalah bahan kimia adiktif”, memasarkan produk secara bertanggung jawab, mengikuti panduan ketat agar materi di tujukan untuk perokok dewasa dan bukan untuk kalangan remaja,” katanya dalam keterangan persnya, Jumat (21/1/2022).

Yudhi menjelaskan, kemasan produk tidak menggunakan gambar kartun, selebriti berorientasi anak muda, atau model yang berusia di bawah 25 tahun dalam materi pemasaran, materi promosi tidak menampilkan aktivitas gaya hidup apa pun yang akan menarik khususnya bagi kaum muda.

Baca juga
Resmikan Sentra Wedangan di Solo, Airlangga: Semua Profesi Bisa Santuy dan Asoy

Tiga elemen yang terkandung dalam materi pemasaran kami terdiri dari: (1) Peringatan Kesehatan; (2) logo Guardian Program kami; dan (3) pernyataan yang menunjukkan bahwa produk kami hanya untuk perokok dewasa dan vapers.

“Terkait dengan para mitra komersial kamipun menerapkan Guardian Program dengan cara memberikan persyaratan terhadap penjual yang mencakup pemantauan dan hukuman atas ketidakpatuhan terhadap batasan di bawah umur,” kata Yudhi.

Selain Guardian Program, RELX International mendirikan program Golden Shield pada tahun 2019 untuk membantu mencegah produksi dan penjualan barang-barang rokok elektrik ilegal.

Tujuannya untuk melindungi hak pengguna rokok elektrik dewasa untuk mengakses produk-produk berkualitas, program Golden Shield dari RELX International menggunakan sejumlah besar data dan teknologi lainnya untuk melacak produk rokok elektrik ilegal yang dijual secara online dan offline.

RELX International telah mengembangkan solusi otentikasi untuk membantu memerangi produk RELX palsu. Ada dua cara bagi pengguna RELX untuk memverifikasi keaslian produk RELX.

Baca juga
Berantas Peredaran Rokok dan Miras Ilegal, Bea Cukai Kembali Edukasi Masyarakat

Pertama, pengguna RELX dapat mengautentikasi produk mereka dengan memasukkan kode autentikasi produk RELX di situs web RELX International. Solusi kedua adalah menggunakan pemindai kode QR di ponsel mereka untuk memindai kode QR pada paket produk RELX apa pun.

“Program Golden Shield sudah kami terapkan di Indonesia dan sudah kami sosialisasikan ke semua pihak yang terkait baik konsumen maupun pihak bea cukai. Sehingga semua pihak bisa dengan mudah melakukan pengecekan dari keaslian produk yang dibeli ataupun beredar di Indonesia, begitu juga di seluruh media sosial kami, informasi bahwa dapat melakukan pengecekan keaslian produk melalui web dengan cara yang dijelaskan secara mudah,” tambah Yudhi.

Selain itu, RELX juga punya program Green Shoots. Program ini adalah inisiatif RELX International untuk memberikan kembali kepada komunitas tempat beroperasi.

Dengan cara ini bisa membantu para wirausahawan dan pemilik usaha kecil lainnya agar bisnis mereka berada di jalur yang benar menuju pertumbuhan dan kesuksesan bisnis.

Baca juga
N95 vs KN95 dan KF94, Apa Bedanya dan Mana yang Harus Dipilih?

Salah satu caranya adalah dengan RELX Academy, yaitu inisiatif global untuk membekali wirausahawan dengan keterampilan untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan bisnis.

RELX International akan mensponsori kursus yang dikuratori oleh universitas global terkemuka untuk membekali wirausahawan pemula dengan keterampilan agar berhasil.

General Manager RELX Indonesia mengaku bahwa sampai saat ini program Green Shoots memang belum dijalankan di Indonesia. Saat ini RELX masih melakukan proyek pilot di Filipina dan akan kami jalankan di Indonesia setelah memperoleh pembelajaran yang holistik. Sehingga program Green Shoots bisa berjalan dengan sempurna di Indonesia.

“Harapan saya agar semua pihak yang terkait menyambut dengan baik program Green Shoots ini dan aktif berpartisipasi. Karena saya yakin program ini akan sangat membantu perkembangan dunia UMKM di Indonesia. Begitu pula dengan dua program dari komitmen RELX lainnya, untuk program Golden Shield semoga pihak bea cukai bisa semakin sering melakukan pengecekan terhadap produk yang beredar,” ungkap Yudhi.

Tinggalkan Komentar