Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

Resmi Dibuka, IEMS 2022 Jadi Tolok Ukur Percepatan Program Kendaraan Listrik

Kamis, 29 Sep 2022 - 03:04 WIB
Iems Listrik
(ist)

Pameran otomotif yang berfokus pada kendaraan listrik, Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022, resmi dibuka di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Mengusung tema ‘Strenghtening Autonomous Ecosystem’, pameran ini diharapkan mampu menjadi tolok ukur percepatan program dari kendaraan listrik nasional yang sudah digaungkan pemerintah sejak 2019 lalu.

“Ini merupakan bagian dari inovasi dan kreativitas dari pemuda hingga industri lokal. Pabrikan otomotif pun mulai merasakan antusiasme yang sama dengan konsumen. Ditambah dengan kementerian/lembaga yang telah terbitkan berbagai peraturan menteri untuk mendukung percepatan ini, demi melangkah mewujudkan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB),” kata Profesor Riset Bidang Teknologi Proses Elektrokimia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Eniya Listiani Dewi, dalam sambutannya saat pembukaan IEMS 2022, Rabu.

Baca juga
Selain Lihat Pameran Mobil, Ini Hal Lain yang Bisa Dilakukan Pengunjung JAW 2022

Oleh karena itu, menurut dia, IEMS 2022 yang merupakan acara ketiga kalinya yang digelar Transportasi Indonesia tersebut diharapkan mampu memberikan ruang informasi yang seluas-luasnya bagi pemerintah, industri, dan masyarakat untuk menggali lebih jauh tentang peluang dan tantangan eksosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia yang berkomitmen mengakselerasi kendaraan listrik, dari kendaraan listrik lokal hingga charging station di berbagai titik,” ujar Eniya.

Iems Listrik

Sementara Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito menambahkan bahwa kolaborasi pun diperlukan demi mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik nasional. Selain itu, riset dan inovasi juga ia rasa penting agar semua pihak dapat saling memberikan dukungan di bidangnya masing-masing.

Baca juga
Pameran Otomotif IIMS 2023 Akan Hadir dengan Konsep Baru

“Ini semua tidak akan bisa berhasil tanpa pelaku industri, hingga mitra utama kita dalam riset dan inovasi,” kata Mego.

Ia melanjutkan, tantangan ke depan adalah memastikan hasil riset dan inovasi mampu mendapatkan mitra industri dan investor untuk mengembangkan hasil-hasil riset tersebut hingga bisa disampaikan dan digunakan oleh masyarakat.

“Bukan cuma ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi juga kemitraan dan penguatan ekosistem secara menyeluruh. Kolaborasi adalah sebuah keharusan dan landasan untuk membangun ekosistem ini guna kita memiliki kemandirian di masa mendatang,” ujar Mego.

Iems Listrik

IEMS 2022 dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta hingga 30 September 2022.

Pameran kendaraan listrik ini juga merupakan bagian dari upaya untuk menyambut kehadiran era kendaraan bermotor listrik di Indonesia yang trennya kini sudah mengglobal, termasuk saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Bali.

Baca juga
Peneliti BRIN Nilai Airlangga Sosok Pintar, Layak Jadi Capres KIB

Sedikitnya terdapat 30 pemain termasuk produsen di bidang kendaraan listrik yang ikut berpartisipasi di pameran ini, di antaranya Toyota, Hyundai, Gesits, Wuling, DFSK, beberapa perguruan tinggi, dan PLN.

Tinggalkan Komentar