Resmi jadi Sirkuit Formula E, Balap Mobil Terakhir di Ancol Tahun 1990

Sirkuit Ancol - inilah.com
dok istimewa

Ancol resmi menjadi sirkuit Formula E yang akan digelar pada 4 Juni 2022 mendatang. Ternyata Ancol bukan kali ini saja menjadi lokasi balap, bertahun-tahun lalu kawasan wisata terbesar di Indonesia itu pernah menggelar ajang serupa.

“Jadi, tahun terakhir balapan itu 1990, dimulai tahun 1970. Arealnya itu dari sini (Pantai Karnaval) sampai dengan nanti Gerbang Timur. Jadi, Ancol ditunjuk sebagai lokasi E-Prix ini akan mereview pengalaman nostalgia balap mobil di Ancol,” kata Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali, Selasa (22/12/2021).

Dengan dipilihnya Ancol sebagai sirkuit Formula E, ia berharap Jakarta E-Prix tersebut bisa membangkitkan pariwisata di Jakarta dan Indonesia.

Baca juga  2 Jenazah dan 1 Bagian Tubuh Korban Semeru Teridentifikasi

Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E Ahmad Sahroni mengatakan, penentuan Ancol sebagai lokasi balap telah melewati serangkaian kajian yang mendalam dari pihak Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Sirkuit balap mobil listrik di Ancol ini diberi nama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

“Ada dua manfaat dan selebihnya ada manfaat pada saat pelaksanaan dimulai 4 Juni. Baik dari sisi lokasi, pendapatan pelaksanaan branding segala macam itulah kenapa approval FIA dan FEO di Ancol,” tandas Sahroni.

Selain menjadi lokasi balap Formula E, Ancol juga dipilih menjadi lokasi balap jalanan atau balap liar yang difasilitasi Polda Metro Jaya. Kegiatan balap jalanan di kawasan Ancol itu akan mulai digelar pada 15 Januari 2022. Dengan kegiatan itu diharapkan, aksi balap liar yang selama ini mengganggu masyarakat bisa diminimalisir.

Tinggalkan Komentar