Resmikan GOR di Rorotan, Anies Kenang Sosok Bang Saefullah, Putra Betawi Penjaga Jakarta

Resmikan GOR di Rorotan, Anies Kenang Sosok Bang Saefullah, Putra Betawi Penjaga Jakarta - inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Mengenang Sosok almarhum Sekda Saefullah Saat Meresmikan GOR

“Mulai hari ini, 16 September 2021 gelanggang olahraga di Rorotan resmi dinamakan sebagai Gelanggang Olahraga Sekda Saefullah,” ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai memberikan sambutan peresmian GOR di Rorotan, Kamis (16/9/2021).

Penamaan tersebut berlandaskan Keputusan Gubernur Nomor 28 Tahun 1999 tentang Pedoman Penetapan Nama Jalan, Taman dan Bangunan Umum di DKI Jakarta. Penggantian nama tersebut juga telah disahkan dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 115 Tahun 2021 tentang Penetapan Nama Gelanggang Olahraga Sekda Saefullah.


Penuh Khidmat, Anies mengenang sosok Almarhum Saefullah, Sekda DKI yang banyak membantu pemerintahan Jakarta dibawah Anies. Anak betawi asli, putra Rorotan yang terus mejaga budaya serta mendorong pembangunan daerah.

“Sekaligus juga, penamaan ini untuk menjadi inspirasi bagi para anak muda, generasi baru di kawasan Rorotan. Mereka bisa menyaksikan bahwa ada putra Rorotan yang tumbuh besar, di saat tempat ini masih minim fasilitas, masih minim infrastruktur, dan bisa menjadi pribadi yang memberikan manfaat amat besar bagi Ibu Kota,” kata Anies dalam keterangannya, Kamis.

Baca juga  Dibintangi Ari Irham-Zara Leola, Film ‘Kau dan Dia’ Tayang di Maxstream

Saefullah yang menjabat Sekda DKI meninggal dunia usai positif terpapar virus corona (Covid-19) 16 September tahun lalu. Saefullah sempat dirawat beberapa hari di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

“Ada listrik baru tahun 1990-an di sini, belum ada aspal jalan, minim sekali infrastruktur di sini. Cerita ini saya dengar dari almarhum,” kenang Anies.


Usai meresmikan nama baru GOR, Anies juga menyempatkan diri menyambangi makam almarhum Saefullah di Rorotan.

Profil almarhum Saefullah, mantan Sekda DKI selama tiga kali transisi Gubernur DKI sejak era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) itu masih dikenang oleh masyarakat Rorotan.

Baca juga  Hari Pahlawan, Anies Tunjuk Hidung Para Pengkhianat Bangsa

Dalam lama Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Anies mengunggah sejumlah foto kebersamaan dengan Saefullah ketika masih menjabat. Mulai dari olahraga bersama, rapat bersama, juga bersepeda bersama.


Momen-momen kenangan Anies dan Saefullah sungguh menyentuh. Anies juga menuliskan pesan dan kesannya dalam laman IG-nya tentang sosok inspiratif Saefullah. Anies berharap dari GOR Saefullah ini, bakal lahir Saefullah-Saefullah lainnya

“Rorotan adalah tanah kelahiran putra Betawi ini 57 tahun silam. Sebagian besar hidupnya dihibahkan untuk membangun kampung dan kota kelahirannya. Dari menjadi ketua RW di Rorotan, menjadi guru, walikota hingga menjadi Sekda, semua dijalankannya dengan sepenuh hati.

Baca juga  Meski Banyak Dukungan, Anies Belum Pernah Singgung Soal Capres 2024

Izinkan nama almarhum Dr. H. Saefullah, M.Pd. terabadikan di gelanggang ini sebagai kenangan atas kontribusi panjangnya bagi kotanya yang ia banggakan dan bagi warganya yang ia cintai.

Jadikan gelanggang olahraga ini lebih dari sekadar melatih fisik yang kuat dan sehat, namun juga membangun ikatan komunitas yang guyub dan erat.

Semoga dari gelanggang olahraga ini mengalir segala kebaikan, inspirasi dan prestasi, dan makin memperpanjang catatan amal jariyah dan catatan warisan almarhum, serta menjadi kebanggaan bagi warga Rorotan dan juga bagi kota Jakarta”.

Tinggalkan Komentar