Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Resmikan JIS, Anies: Satu Janji Penting Kembali Dituntaskan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima Jersey Club Sepak Bola Atletico Madrid dengan nomor 9 di Jakarta International Stadium (JIS), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/4/2022). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.- inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima Jersey Club Sepak Bola Atletico Madrid dengan nomor 9 di Jakarta International Stadium (JIS), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/4/2022). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi melakukan peluncuran awal Jakarta International Stadium (JIS) jelang laga final Barcelona U-18 vs Atletico Madrid, Selasa (19/4/2022).

“Hari bersejarah ini, hari di mana kita nyatakan bahwa atas izin Allah SWT satu janji penting kembali dituntaskan, bahwa satu mimpi besar itu kini terwujud pada Jakarta pada Indonesia,” kata Anies mengawali pidatonya dalam Soft launching di Jakarta Utara, Selasa (19/4) malam.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memandang JIS perlu pengelolaan yang baik dari sisi komersial sehingga biaya yang keluar ketika menggunakan stadion itu untuk berbagai kegiatan bisa ada tanggung jawabnya kelak.

Baca juga
Isu Bubarkan MUI, Din Syamsuddin Siap Bela Sampai Titik Darah Penghabisan

“Tentu salah satu yang dikerjakan adalah dengan mengelola ini secara komersial sehingga bisa dipertanggungjawabkan dan harapannya akan ada pemasukan yang cukup ketika ini digunakan untuk berbagai kegiatan,” kata Anies.

Selebrasi tim sepak bola FC Barcelona U-18  menjuarai International Youth Championship 2022 dalam Soft Launching Jakarta International Stadium (JIS) di Stadion JIS, Papanggo, Jakarta, Selasa (19/4/2022). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan. - inilah.com
Bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tim sepak bola FC Barcelona U-18 melakukan selebrasi usai menjuarai International Youth Championship 2022 dalam Soft Launching Jakarta International Stadium (JIS) di Stadion JIS, Papanggo, Jakarta, Selasa (19/4/2022). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

JIS jadi penggerak ekonomi

Sebelumnya, Anies pernah berujar kalau JIS bisa menjadi penggerak perekonomian dan bisa mendorong kemajuan kawasan utara Jakarta. Pembangunan infrastruktur itu tidak hanya di stadion saja, tetapi juga menggerakkan kawasan di sekitarnya.

“Kami berharap menjadi mesin penggerak untuk menggerakkan perekonomian, untuk mendorong kemajuan, dan harapannya berdampak pada seluruh kawasan utara Jakarta,” kata Anies melalui kanal YouTube pribadinya di Jakarta, Senin (28/3).

Baca juga
Proyek Satelit Kemhan Rugikan Negara Hampir Rp1 Triliun

Mengingat JIS berada persis di samping kawasan Ancol, dan juga akan terintegrasi dengan tujuan wisata itu, Anies mengajak untuk bisa membayangkan bagaimana JIS kelak akan menjadi motor penggerak untuk kawasan sekitarnya.

Baru-baru ini, sudah ada penjajakan kalau sedang ada kerja sama JIS sebagai tempat perhelatan konser grup pop terkenal asal Korea Selatan Bangtan Boys (BTS) pada tahun 2022.

Menurut Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Widi Amanasto, itu tidak mustahil sebab JIS memang bukan sebagai stadion sepak bola biasa, melainkan juga merupakan arena untuk beragam tujuan penggunaan (multipurpose venue).

JIS punya kelengkapan dengan sistem audio (sound system) berteknologi canggih yang mendukung untuk menggelar konser-konser besar. Sistem audio tersebut juga hadir dengan atap yang bisa buka dan tutup.

Baca juga
Xavi Ikut Komentari Rumor Transfer Haaland ke Manchester City

“Atap tutup, jadi suaranya sangat bagus, karena pakai sound system canggih” kata Widi di JIS pada tanggal 22 Oktober 2021.

Tinggalkan Komentar