Sabtu, 10 Juni 2023
20 Dzul Qa'dah 1444

Resmikan Tol Semarang-Demak, Jokowi Disambut Hujan dan Angin Kencang

Sabtu, 25 Feb 2023 - 16:58 WIB
Jkwjateng - inilah.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (25/2/2023), untuk meresmikan Jalan Tol Semarang-Demak seksi Sayung-Demak. (Foto: Antara).

Tiba di Semarang untuk meresmikan Tol Semarang-Demak, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo disambut hujan deras dan angin kencang.

Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu pagi (25/2/2023). Agendanya meresmikan Tol Semarang-Demak seksi Sayung-Demak. Kala itu, suasananya hujan deras disertai angin kencang, berdasarkan keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Rombongan orang nomor 1 di Indonesia ini, langsung disambut Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo beserta istri; Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono beserta istri; Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi; dan Danlanumad Ahmad Yani, Letkol CPN Ihwan Okti Riyadi.

Baca juga
Jabat Ketua KPU Periode 2022-2027, Hasyim Asy'ari Harus Tancap Gas

Sebelumnya, Presiden Jokowi beserta rombongan lepas landas menuju Provinsi Jawa Tengah melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pukul 07.55 WIB.

Adapun Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,40 kilometer yang dibangun dalam dua seksi melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Untuk Seksi 1 ruas Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 km merupakan porsi pemerintah dengan alokasi anggaran sebesar Rp10 triliun yang bersumber dari APBN.

Sementara, Seksi 2 ruas Sayung-Demak sepanjang 16,01 km merupakan porsi badan usaha jalan tol (BUJT) yang dilaksanakan oleh PT PP-PT WIKA Konsorsium serta konsultan perencana PT Maratama-Studi Teknik (KSO) dengan konsultan supervisi PT Virama Karya (Persero) dengan nilai investasi Rp5,93 triliun.

Baca juga
Jokowi Terbang ke Washington, Hadiri KTT ASEAN-AS

Turut mendampingi Presiden Jokowi di Jateng, yaitu Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Sekretaris Militer Presiden, Laksda TNI Hersan; Komandan Paspampres Marsda TNI, Wahju Hidajat Soedjatmiko; dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Tinggalkan Komentar