Kamis, 01 Desember 2022
07 Jumadil Awwal 1444

Respons Kemenkes Terkait Bjorka Dituding Jebol Data Aplikasi PeduliLindungi

Rabu, 14 Sep 2022 - 09:51 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Aplikasi PeduliLindungi, Peduli Lindungi, Sanksi Pidana, Mendagri, PPKM, Libur Nataru, Covid-19, Omicron, PeduliLindungi, Check-in, Jakarta, Didik Setiawan, Inilah.com
Penumpang MRT Jakarta melakukan Check-in dengan Aplikasi PeduliLindungi di Stasiun Blok M, Jakarta, Rabu (22/12/2021). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka pagi ini, Rabu (14/3/2022). Keluhan aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka terpantau banyak disampaikan oleh warganet di Twitter. Sejumlah pengguna mengeluhkan dirinya terjebak di tampilan awal aplikasi PeduliLindungi, tak berhasil masuk (Login) ke dalam aplikasi.

Ada pula warganet yang mengaku akun PeduliLindunginya keluar (log out) sendiri. Saat dicoba kembali, aplikasi PeduliLindungi error karena tidak bisa digunakan untuk login akun.

Aplikasi PeduliLindungi eror dan tidak bisa dibuka sejak pagi ini, Rabu (14/9/2022). Sontak warganet pun langsung mengeluh di platform media sosial, seperti di Twitter.

Kebanyakan mengatakan, mereka tidak bisa membuka PeduliLindungi, terjebak di laman utama, tidak bisa login, tidak bisa mengakses sertifikat vaksinasi hingga tiba-tiba mereka logout dari aplikasi.

Baca juga
Bilang 'Bye Bye PLN', Bossman Mardigu Trending di Twitter

Saat inilah.com telusuri, beberapa akun PeduliLindungi kondisi default sudah dalam kondisi logout (keluar dari aplikasi).

Ketika dicoba untuk masuk ke dalam aplikas alamat email dan nomot ponsel, muncul notifikasi. “Terjadi kesalahan, mohohon coba lagi.”

Karena aplikasi PeduliLindungi eror pagi ini, warganet yang menggunakan kendaraan umum atau masuk ke faslitas umum, seperti KRL Commuter Line atau mall pun tidak bisa masuk.

Sejumlah warganet pun berpendapat, aplikasi PeduliLindungi eror ini akibat ulah dari hacker Bjorka.

“InsyaAllah bukan. Ini hanya maintance saja (saya baru dapat informasi dari bagian PeduliLindungi). Maintance sekitar dua jam. Nanti sudah bisa lagi,” kata Juru Bicara Kemenkes RI, Mohammad Syahril saat dikonfirmasi, Rabu (14/09/2022).

Baca juga
Transformasi Fisik Elon Musk Susut 13 Kilogram, Ini Rahasianya!

“Kalau untuk di mal, bandara, terminal, atau pelabuhan sudah ada mekanismenya seandainya PeduliLindungi mengalami kemacetan atau gangguan.”

Dia menambahkan, “Untuk perkantoran bagaimana masing-masing kantor saja. Mekanismenya berupa pengecekan KTP,”

Dalam akun @PLindungi, aplikasi PeduliLindungi juga mengungkapkan error pagi ini disebabkan karena adanya perbaikan pada layanan web dan aplikasi PeduliLindungi. “Tim teknis PeduliLindungi sedang melakukan perbaikan segera agar layanan aplikasi web dan aplikasi mobile dapat segera digunakan kembali,” twit @PLindungi.

Tinggalkan Komentar