Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Respons Pasukan Rusia, Amerika Serikat Kerahkan Ribuan Tentara ke Polandia dan Rumania

Kamis, 03 Feb 2022 - 11:46 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Militer As - inilah.com
Konvoi militer pasukan Amerika Serikat - ist

Amerika Serikat (AS) berencana mengerahkan 3.000 tentara tambahan ke Eropa Timur, khususnya Polandia dan Rumania.

Pengiriman pasukan itu sebagai respons kekhawatiran invasi Rusia ke Ukraina. Pengerahan ini bertujuan untuk mendukung pasukan NATO dalam melindungi kawasan Eropa dari efek krisis Rusia-Ukraina.

Melansir AFP dan Reuters, Kamis (3/2/2022), Rusia menyangkal tuduhan berencana menginvasi Ukraina. Rusia sendiri telah mengerahkan lebih dari 100.000 tentaranya ke dekat perbatasan Ukraina.

Namun Rusia mengakui pihaknya bisa mengambil tindakan militer jika tuntutan Moscow tidak dipenuhi. Salah satu tuntutan Rusia adalah agar NATO tidak menerima Ukraina sebagai anggota aliansi tersebut.

Baca juga
Sambangi AS, Airlangga Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi dan IPEF Meeting

Pentagon mengumumkan bahwa skuadron Stryker yang beranggotakan 1.000 tentara AS yang berbasis di Vilseck, Jerman, akan dikirimkan ke Rumania. Sedangkan 1.700 tentara AS lainnya anggota Divisi Lintas Udara ke-82 akan dikirimkan dari pangkalan militer Fort Bragg di North Carolina, ke Polandia.

Kemudian sekitar 300 tentara AS lainnya akan dikirimkan dari Fort Bragg ke Jerman.

“Pasukan ini tidak akan bertempur di Ukraina. Ini bukan pengerahan permanen. Ini merespons kondisi terkini,” kata juru bicara Pentagon, John Kirby.

Tinggalkan Komentar