Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Reuni SBY-JK Perkuat Pencapresan Anies

Jumat, 24 Jun 2022 - 13:17 WIB
63d21985 Eeaa 4347 9c76 17b1848510ff - inilah.com
Tangkapan layar pertemuan SBY-JK di Cikeas, Kamis (23/6/2022).

Pertemuan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Jusuf Kalla (JK) di Cikeas, Kamis (23/6/2022), memperkuat potensi Gubernur DKI Anies Baswedan diusung menjadi capres pada Pilpres 2024. Hal ini tidak berlebihan karena Anies masuk dalam proyeksi capres partai NasDem yang sedang berupaya membangun koalisi.

Pertemuan SBY-JK dilakukan sebelum Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran bertandang ke Kantor DPP NasDem, untuk bertemu Surya Paloh. Selepas pertemuan, kedua parpol memberi sinyal sepakat membangun kerja sama.

“Koalisi itu minimal ada tiga syaratnya, pertama kesamaan ideologi, kedua kesamaan tokoh atau capresnya dan ketiga konstituennya setuju atau tidak bertubrukan,” kata pengamat politik, Hendri Satrio, di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Baca juga
Warga Kampung Akuarium: Terima Kasih Pak Anies

Pertemuan SBY-JK dikonfirmasi banyak kader Demokrat. Bahkan video pertemuannya tersebar di media sosial (medsos) sejak kemarin siang. Dalam video tersebut terlihat akrabnya SBY-JK seperti sahabat lama yang bereuni.

Kedua tokoh terlihat berdiskusi dalam ruang galeri yang dipenuhi lukisan karya SBY. Namun duduknya saling berjauhan dan menggunakan microphone untuk berbicara.

Adanya faktor Anies yang masuk kandidat capres NasDem, menguatkan dugaan JK berupaya mendekatkan Demokrat untuk masuk dalam poros NasDem untuk menggenapi syarat ambang batas mengusung capres. Sebab terbuka kemungkinan PKS bakal merapat dengan NasDem apabila Anies diusung menjadi capres.

Hendri menilai spekulasi tersebut ada benarnya. Alasannya, politik Indonesia dalam beberapa pekan terakhir berjalan dinamis. Malahan terbuka potensi terbangun poros baru menyusul Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). “Mudah-mudahan bakal terbentuk poros baru walaupun otak-atik capres sangat terbuka,” katanya.

Baca juga
Deklarasi Anies Baswedan for President 2024 Kembali Menggema di Cianjur

 

Tinggalkan Komentar