Review realme 8i: Smartphone Layar 120Hz di Bawah Rp3 Juta

realme 8i - inilah.com
realme 8i

Smartphone dengan harga ramah di kantong dengan teknologi terkini memang dinantikan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Apalagi melihat tren dimensi dan resolusi layar, kini refresh rate layar sebuah smartphone sudah lebih umum menjadi daya tarik konsumen dalam memilih perangkat. Mulai dari 60Hz sampai 120Hz, layar dengan refresh rate tinggi bisa berikan manfaat tersendiri dalam penggunaan perangkat sehari-hari.

Sekarang, realme menjadi vendor smartphone yang mewujudkannya. Dibanderol dengan harga terjangkau, tak berarti menurunkan kualitas dari ponsel yang dijuluki sebagai Smartphone 120Hz & Helio G96 Pertama di Bawah 3 Juta ini.

Banyak hal menarik di dalam smartphone yang datang dengan slogan 120Hz. ‘Powerfully Smooth itu’. Beberapa diantaranya yakni menjadi smartphone pertama yang menggunakan prosesor mediatek generasi terbaru, hanya pengguna realme 8i di Indonesia yang dapat menikmati layar dengan refresh rate tinggi dan chipset kelas gaming terbaru di bawah Rp 3 juta.

Team Inilah.com kali ini berkesempatan menjajal smartphone yang secara resmi rilis di Indonesia hari ini, Rabu (24/11). Lantas, seperti apa pesona yang disuguhkan oleh gawai ini? Berikut team Inilah.com sajikan untuk Anda :

Rangkaian Isi Kotak

Review realme 8i seperti biasa, sebelum merambah ke segmen spesifikasi, tentunya terlebih dahulu kita mengulik rangkaian isi yang terdapat di dalam kotak penjualan. Masih sama seperti sebelumnya, realme masih membawa kemasan warna kuning yang menjadi ciri khas realme pada series 8i kali ini.

- inilah.com

Seperti bisa dilihat pada gambar di atas pada saat kotak dibuka, pelanggan akan mendapatkan 1 unit smartphone Realme 8i, 18W Quick Charger, kabel USB Type-C, Soft case pelindung bodi, serta buku panduan manual.

Desain

Realme 8i merupakan smartphone tertipis di segmennya. Bodi super ramping 9,1mm dan cukup ringan 194g membuat penulis terasa nyaman pada saat menggunakan smartphone ini untuk bermain game.

IMG20211124093251

Ada dua warna: Space Black dan Space Purple. Ini adalah ciri desain untuk masa depan. Sederhana, tapi tidak membosankan, terinspirasi dari gaya hidup sehari-hari generasi muda. Warna Space Purple yang penulis pegang  dapat memancarkan warna yang mengkilap dalam sudut atau kemiringan tertentu. Cukup mudah membekas sidik jari, memang, konsekuensi permukaan glossy.

Modul kameranya dibuat apik, seolah tampilkan empat sensor kamera. Sementara sensor sidik jari disematkan di sudut kanan bodi, menyatu dengan tombol power dan responsif selayaknya smartphone realme lainnya. Keseluruhan bodi juga dirancang kedap air supaya aman ketika terkena cipratan air secara tidak sengaja.

Baca juga  Realme Buka Suara Diisukan Tutup Bisnis di Indonesia

Layar Ultra Smooth 120Hz 

Salah satu yang paling ditonjolkan dari series ini yaitu pada layarnya. Realme 8i memiliki layar Ultra Smooth dengan kecepatan refresh 120Hz. Menjadi satu dari sekian banyak fitur flagship yang berhasil dihadirkan realme agar bisa dinikmati oleh lebih banyak masyarakat dengan daya beli yang beragam. Realme 8i memiliki fitur kecepatan refresh dinamis yang beralih di antara enam kecepatan bingkai yang telah ditetapkan (30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, 90Hz, 120Hz) tergantung pada apa yang Anda lakukan pada smartphone. Ini juga memiliki tingkat sampling sentuh 180Hz. Layar 120Hz ini menghasilkan pengalaman visual yang mulus di setiap gerakan pada layar.

IMG20211124093832

Dengan layar besar 6,6 inci dan rasio layar-ke-bodi 90,80%, Realme 8i memberikan pengguna pengalaman visual yang luar biasa. Layar hadir dengan resolusi 2412×1080 FHD+, tingkat kecerahan hingga 600 nits, dan 16,7 juta warna layar.

Saya bisa bilang kalau panel yang digunakan tergolong bagus, karena kontrasnya tinggi dengan tingkat warna hitam cukup pekat untuk kelas panel IPS. Penggunaan luar ruangan juga aman, dengan kecerahan maksimum 600 nits. Walau tanpa perlindungan Gorilla Glass, setidaknya sudah terpasang lapisan antigores dari bawaan pabrik.

Kali ini, penulis mencoba menguji layar smartphone ini lewat game PUBG Mobile. Performa untuk game PUBG Mobile pada layar Ultra Smooth masih stabil pada 40 fps. Jadi, pengguna tak perlu khawatir layar mudah nge-lag pada saat sedang bermain game ataupun melakukan aktivitas hectic menggunakan smartphone.

 

Baca juga  Spesifikasi serta Harga realme 8i dan C25Y di Indonesia

Kamera Jernih

Tak hanya soal dapur pacu, kamera pada series Realme 8i pun juga diperhatikan oleh Realme. Realme 8i memiliki kamera utama 50MP dengan Nightscape, lensa B&W dan lensa makro. Kamera depan 16MP Ultra-clear memenuhi kebutuhan selfie pengguna dengan aperture F2.0, mendukung beberapa mode seperti AI Beautification serta Efek Bokeh.

IMG20211124093956

Kamera Realme 8i memiliki banyak filter malam yang popular. Dengan teknologi mesin sintesis multi-frame, dibutuhkan sekumpulan foto dengan eksposur cahaya yang berbeda secara bersamaan dan kemudian menggabungkannya menjadi satu. Selain mempertahankan eksposur yang baik dengan titik-titik sorotan, fitur ini juga dapat membuat foto di kegelapan lebih terang dan jelas dengan lebih banyak detail.

Berikut hasil kamera dari realme 8i:

IMG20210102093935

IMG20210102095009
IMG20210102070549

IMG20210102094701
IMG-20210101-125225

IMG20210102071212

Performa

Namanya juga smartphone anyar realme, sudah pasti hal yang paling utama diperhatikan ialah dapur pacunya.

Realme 8i didukung MediaTek Helio G96 SoC, menjadikannya smartphone pertama yang menggunakan chipset ini di Indonesia Ada dua pilihan RAM dan penyimpanan: varian dasar memiliki RAM 4GB dan penyimpanan 64GB, sedangkan yang lebih mahal memiliki RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. 

IMG20211124093601

Realme menawarkan fitur Virtual RAM yang memungkinkan smartphone menggunakan beberapa ruang penyimpanan sebagai RAM. Anda dapat menetapkan hingga 5GB RAM Virtual dengan varian teratas.

Berkat prosesor gamenya, Helio G96 memberikan pengalaman bermain game yang lebih stabil dan lancar.

Hal terbaru yang ingin Realme hadirkan di Realme 8i ini ialah teknologi Dynamic RAM Expansion Technology (DRE) yang akan mengkonversi ROM menjadi virtual RAM. Berkat teknologi DRE ini, membuat smartphone ini kian lancar untuk kegiatan multitasking seperti akses banyak aplikasi dengan sekaligus, hingga memainkan beberapa game berat sekalipun.

Baterai

Baca juga  Total Transaksi hingga Miliaran, Pameran Otomotif DNC Luxury Diserbu 100 Ribu Pengunjung

Meski desain Realme 8i dibuat slim, smartphone ini tetap ditenagai dengan baterai jumbo berkapasitas 5000mAh dengan pengisian cepat 18W menggunakan konektor tipe-C, sehingga dapat terisi penuh dengan cepat.

Pada saat penulis memainkan game PUBG di smartphone ini selama 1 jam, baterai yang berkurang sebesar 30%. Juga, baterai dari ponsel pintar ini awet seharian bahkan bisa lebih meskipun digunakan secara interaktif. Apalagi, jika ditambahkan dengen sederet fitur yang tersedia seperti Sleep Standby Optimization, App Quick Freeze, and Screen Battery Optimization.

Infografis

Infografis Realmi 8i - inilah.com
Infografis Realmi 8i

Kesimpulan

Smartphone ini memang cocok menyandang julukan ‘Smartphone 120Hz Paling Terjangkau .Bagaimana tidak, dengan harga yang terjangkau, tak membuat Realme menurunkan kualitas dari smartphone ini.

Pasalnya,tak hanya performa yang handal, tetapi bagian lainnya juga dijamu dengan baik, mulai dari baterai besar, ruang penyimpanan lega, kamera yang apik nan jernih, layar nya yang memanjakan mata, bodi yang nyaman digenggam, hingga tampilan smartphone yang membuat kesan “Elegan” pada saat diperlihatkan ke kerabat.

Jadi, dengan harga di bawah Rp 3 juta seri angka dari realme ini menjawab kebutuhan realme fans terhadap smartphone yang powerful dan bisa diandalkan baik untuk gaming maupun multitasking sehari-hari  dirasa cocok untuk membeli smartphone ini.

 

Tinggalkan Komentar